Pengembangan Media Pembelajaran AKSOBU (Aplikasi Keberagaman Sosial dan Budaya) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Sosial dan Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri

Aulia, Fafa Akhlaqul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran AKSOBU (Aplikasi Keberagaman Sosial dan Budaya) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Sosial dan Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206012_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206012_bab1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
21206012_bab2.pdf

Download (15MB)
[img] Text
21206012_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
21206012_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
21206012_bab5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
21206012_daftarpustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
21206012_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
21206012_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

FAFA AKHLAQUL AULIA. Dosen Pembimbing DR. FARTIKA IFRIQIA, M.PD. dan ERIKA PUSPITASARI, M.PD. Pengembangan Media Pembelajaran AKSOBU (Aplikasi Keberagaman Sosial dan Budaya) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Sosial dan Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Media AKSOBU (Aplikasi Keberagaman Sosial dan Budaya), Hasil Belajar, Keberagaman Sosial dan Budaya. Media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi, ide, atau konsep pembelajaran kepada peserta didik. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah minimnya ketersediaan sarana pembelajaran, khususnya pada materi keberagaman sosial dan budaya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media AKSOBU (Aplikasi Keberagaman Sosial dan Budaya) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman sosial dan budaya, (2) mengetahui tingkat kelayakan media AKSOBU dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta (3) mengukur keefektifan media AKSOBU dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Miftahul Falaah Kota Kediri pada materi keberagaman sosial dan budaya. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memuat lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di IV di MI Miftahul Falaah Kota Kediri dengan subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 40 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sementara keefektifannya diuji melalui angket serta soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media sebesar 98% dengan kategori “Sangat layak”. Validasi ahli materi 1 sebesar 96% ahli materi 2 memperoleh hasil 100% sehingga termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” digunakan. Validasi soal pretest-post test sebesar 98% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 100% dengan kategori “Sangat layak”. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan uji coba kelompok besar sebesar 97% dengan kategori “Sangat layak”. (3) Hasil pretest dan post test kelompok kecil memperoleh persentase dari 35% menjadi 83%, sedangkan kelompok besar dari 36% menjadi 83%. Uji normalitas menunjukkan nilai 0,001 yang berarti data tidak berdistribusi normal, sehingga digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon sebesar 0,000 menunjukkan bahwa media AKSOBU berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Skor N-gain sebesar 0,73 (73%) termasuk kategori “Cukup Efektif” dengan peningkatan “Tinggi”. Dengan demikian, media AKSOBU terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman sosial dan budaya kelas IV di MI Miftahul Falaah Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAFA AKHLAQUL AULIA
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:36
Last Modified: 14 Jul 2025 08:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item