Ersandy, M. Ery Kurniawan Bayu (2017) Efektivitas metode ceramah dalam kurikulum 2013 mata pelajaran fikih (studi kasus pada siswa kelas xi ips di man prambon tahun 2017). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. COVER_5. HALAMAN PRA BAB.pdf Download (488kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (486kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (379kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (313kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
11. BAB VI.pdf Download (92kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_15. LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran. Guru dituntut untuk menguasai macam-macam metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Melihat karakteristik siswa yang di ajarkan salah satu alternatif yang masih digunakan oleh guru dalam pembelajaran yaitu metode ceramah. Strategi ini diharapkan dapat mempermudah pembelajaran siswa dalam mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan. Maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah (1). Bagaimana pelaksanaan metode ceramah dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Prambon Kabupaten Nganjuk? (2). Sejauh mana efektivitas penggunaan metode ceramah dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Prambon Kabupaten Nganjuk? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode ceramah dalam kurikulum 2013 mata pelajaran fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Prambon Kabupaten Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpukan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainya. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1). Penerapan metode Ceramah dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fikih kelas XI di MAN Prambon Nganjuk hampir sering digunakan oleh guru Fikih. (2). Adapun efektivitas penggunaan metode Ceramah dalam kurikulum 2013 tidak cukup efektif. (3). Sedangkan faktor pendukungnya selain guru yang telah menguasai teknik-teknik metode Ceramah dan media pembelajaran yang mendukung. Dan ada beberapa faktor penghambat dalam menerapkan metode ceramah yaitu kurangnya waktu dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang kreatif. Akan tetapi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut seorang guru harus memiliki keterampilan sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 03:50 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 03:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/182 |
Actions (login required)
View Item |