STRATEGI YAYASAN UNTUK MENARIK MINAT ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA (STUDI KASUS YAYASAN MADIN BHAKTI AL HASAN KEPUNG)

zubaidi, m nur (2025) STRATEGI YAYASAN UNTUK MENARIK MINAT ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA (STUDI KASUS YAYASAN MADIN BHAKTI AL HASAN KEPUNG). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932412119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932412119_bab1.pdf

Download (671kB)
[img] Text
932412119_bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932412119_bab3.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932412119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
932412119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932412119_bab6.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932412119_daftarpustaka.pdf

Download (370kB)
[img] Text
932412119_lampiran.pdf

Download (781kB)
[img] Text
932412119_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

M. NUR ZUBAIDI. Dosen Pembimbing Bapak Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Ibu Choiru Umatin, M.Pd. Strategi Yayasan untuk Menarik Minat Orang Tua dalam Menyekolahkan Anaknya (Studi Kasus di Yayasan Madin Bhakti Al-Hasan Kepung). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Yayasan, Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Keagamaan, Madrasah Diniyah Penelitian ini mengkaji strategi yang diterapkan oleh Yayasan Madin Bhakti Al-Hasan dalam menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka pada pendidikan keagamaan. Upaya ini merupakan respons terhadap rendahnya partisipasi masyarakat terhadap pendidikan diniyah serta kebutuhan penguatan nilai-nilai keislaman di tengah arus modernisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yayasan dilaksanakan melalui tahapan manajerial yang terstruktur, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dengan kajian sosial dan survei terhadap kebutuhan masyarakat sekitar. Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk tim pelaksana dan menjalin komunikasi aktif dengan orang tua, serta tokoh masyarakat. Pelaksanaan strategi melibatkan kegiatan pembelajaran rutin, kerja sama dengan lembaga eksternal, serta pemanfaatan media sosial dan jaringan informal. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui forum musyawarah madrasah untuk mengukur efektivitas dan melakukan perbaikan. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat, mendorong partisipasi orang tua, serta meningkatkan kualitas proses pendidikan. Faktor pendukung keberhasilan meliputi kompetensi tenaaga pendidik, peran aktif tokoh agama, dan kegiatan keagamaan yang menarik. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya kesadaran sebagian orang tua serta pengaruh perilaku remaja yang belum mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi, branding kelembagaan, dan sinergi sosial dalam membangun citra positif madrasah diniyah di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.NUR ZUBAIDI
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:32
Last Modified: 10 Jul 2025 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18171

Actions (login required)

View Item View Item