YANTI, NOVI DWI (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMK AL AMIN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117814_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932117814_BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text
932117814_BAB II.pdf Download (510kB) |
|
Text
932117814_BAB III.pdf Download (269kB) |
|
Text
932117814_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
932117814_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
932117814_BAB VI.pdf Download (159kB) |
|
Text
932117814_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah Peran guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki posisi sentral dalam membentuk perilaku siswa di sekolah, perilaku Islami sangat terasa saat peneliti berada ditempat lokasi tersebut. Dimana sikap santun terlihat ketika siswa bertemu dengan guru maupun karyawan, berjabat tangan dan mengucapkan salam menjadi hal yang wajib dilakukan bahkan dengan orang yang belum dikenal. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di di SMK AL AMIN Kota Kediri. (2) Untuk mendiskripsikan peran guru PAI sebagai evaluasi dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di di SMK AL AMIN Kota Kediri. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK AL AMIN Kota Kediri yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami seharihari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu. Peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK AL AMIN Kota Kediri sebagai berikut: selalu berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, setelah itu berdoa secara bersama-sama. Peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK AL AMIN Kota Kediri yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh, karena evaluasi tidak hanya membahas aspek kognitif saja, akan tetapi juga membahas evaluasi dalam aspek afektif dan psikomotorik yaitu tingkah laku. Dalam hal ini guru juga turut serta dalam memberikan evaluasi terhadap perilaku siswa, jika perilaku siswa mencerminkan perilaku tercela maka sudah sewajibnya guru untuk membina dan mengarahkan siswa untuk berperilaku Islami.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 05:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 05:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1817 |
Actions (login required)
View Item |