Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Di SMP Al Huda Kota Kediri

Hamidah, Leny Wardatul (2025) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Di SMP Al Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205074_prabab.pdf

Download (706kB)
[img] Text
21205074_bab1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
21205074_bab2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
21205074_bab3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
21205074_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205074_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
21205074_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
21205074_daftarpustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text
21205074_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21205074_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut dukungan sarana dan prasarana yang tidak hanya memadai, tetapi juga dikelola secara efektif untuk menunjang pembelajaran yang kontekstual, fleksibel, dan mendorong kemandirian siswa. Namun, realitas di lapangan menunjukkan masih adanya tantangan, seperti keterbatasan fasilitas, pengelolaan yang belum optimal, dan pemanfaatan yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, pemanfaatan dan penghapusan yang dijalankan di SMP Al Huda Kota Kediri, guna mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu memperoleh sumber data dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, waka kurikulum, guru P5, dan peserta didik, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data, reduksi data, pengujian data, dan penarikan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di SMP Al Huda Kota Kediri telah dilakukan secara sistematis untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. (1) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan melalui rapat perencanaan, analisis Rapor Pendidikan, serta penyusunan daftar kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Estimasi biaya dan sumber pendanaan. Selanjutnya, penunjukan pihak bertanggung jawab dan penyusunan jadwal pelaksanaan untuk memastikan pengadaan berjalan sesuai rencana. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan berdasarkan hasil perencanaan yang telah disusun sebelumnya dimana perencanaan pengadaan dituangkan dalam RKAS. Mekanisme pengadaan melalui pembelian, hibah, daur ulang, perbaikan, dan pembuatan sendiri. Dan setiap proses pengadaan dilengkapi dengan dokumentasi resmi. (3) Pengaturan sarana dan prasarana melibatkan inventarisasi, penyimpanan dan pemeliharaan. Inventarisasi dilakukan secara berkala dengan pencatatan rinci, pemberian kode barang, serta penyusunan laporan setiap akhir semester. Penyimpanan disesuaikan dengan fungsinya agar mudah diakses dan terawat dengan penanggung jawab disetiap ruangan, sementara barang yang tidak terpakai ditempatkan di gudang. Pemeliharaan dilakukan secara terjadwal, berkala, dan darurat untuk memastikan keberlanjutan fasilitas. (4) Pemanfaatan sarana dan prasarana dioptimalkan melalui penyusunan jadwal penggunaan fasilitas yang diumumkan di awal tahun ajaran, menetapkan penanggung jawab dan SOP di setiap ruang, serta memberikan pelatihan bagi guru dan siswa agar pemanfaatan sarana lebih optimal. Selain itu, fasilitas juga diintegrasi dalam pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan Kurikulum Merdeka. (5) Penghapusan sarana dan prasarana di SMP Al Huda Kota Kediri belum pernah dilakukan. Namun, sekolah tetap memiliki mekanisme dan prosedur yang siap diterapkan jika diperlukan. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LENY WARDATUL HAMIDAH
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:28
Last Modified: 10 Jul 2025 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18158

Actions (login required)

View Item View Item