Ni’mah, Putri Lailatul (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Padamata Pelajaran Fikih Di MTsN 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201125_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201125_bab1.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
21201125_bab2.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
21201125_bab3.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
21201125_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201125_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
21201125_bab6.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
21201125_daftarpustaka.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
21201125_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21201125_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (190kB) |
Abstract
PUTRI LAILATUL NI‟MAH. Dosen pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I. dan Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd.I. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTsN 9 Nganjuk Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2025. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Asesmen Kurikulum adalah sebagai dasar dan tujuan pendidikan. Selain itu, kurikulum ini juga merupakan salah satu instrumen penting dalam proses pendidikan, dan selalu mengalami proses pembaruan seiring dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, pembaruan kurikulum harus diperhatikan untuk memastikan kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berekembang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses perencanaan mata pelajaran fikih pada Kurikulum Merdeka di MTsN 9 Nganjuk (2) Mengetahui pelaksanaan mata pelajaran fikih pada Kurikulum Merdeka di MTsN 9 Nganjuk (3) Mengetahui asesmen pembelajaran mata pelajaran fikih pada Kurikulum Merdeka di MTsN 9 Nganjuk. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang diperoleh wawancara, observasi, dan arsip. Prosedur pengumpulan data menggunkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunkan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pada tahap perencanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Fikih di MTsN 9 Nganjuk dilakukan secara sistematis, dimulai dari analisis Capaian Pembelajaran (CP), penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), hingga perancangan modul ajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTsN 9 Nganjuk terdiri dari tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah PBL, PJBL, dan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. (3) Evaluasi di MTsN 9 Nganjuk dilakukan melalui tiga jenis asesmen: diagnostik (awal pembelajaran) yang dilakukan pada awal pembelajaran. Asesmen formatif (selama proses belajar) dilakukan selama kegiatan pembelajaran. Asesmen sumatif dilakukan pada pada setiap akhir semester.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PUTRI LAILATUL NI`MAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |