Ifada, Elva Dwi Nur (2025) Analisis Kemampuan Reversible Thinking Siswa MA Berbasis Numerasi Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204019_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204019_bab1.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
21204019_bab2.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
21204019_bab3.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
21204019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
21204019_bab6.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
21204019_daftarpustaka.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Elva.pdf Download (87kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di salah satu Sekolah Menengah Atas, siswa kebanyakan mudah menyerah pada proses berfikir dan cenderung menyelesaikan masalah matematis secara asal-asalan, yang menyebabkan jawaban siswa kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Reversible Thinking MA berbasis numerasi ditinjau dari disposisi matematis. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di sekolah MAN 2 Nganjuk pada kelas X-C yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pemilihan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling. Setelah peneliti memberikan angket dan tes tulis pada seluruh siswa, dipilih enam subjek yang terdiri dari dua subjek kategori disposisi matematis tinggi, dua subjek kategori disposisi matematis sedang, dan dua subjek kategori disposisi matematis rendah yang diambil berdasarkan rekomendasi dari guru. Pada penelitian ini, proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Subjek kategori disposisi matematis tinggi dapat memenuhi semua indikator Reversible Thinking, (2) Subjek kategori disposisi matematis sedang hanya dapat memenuhi indikator maju pada soal nomor 1 dan mampu menguji setiap kemungkinan dengan benar, (3) Subjek kategori disposisi matematis rendah tidak memenuhi semua indikator Reversible Thinking.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ELVA DWI NUR IFADA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:16 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |