Pengembangan Media Jasuma (Jam Sudut Matematika) Pada Materi Sudut Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Kediri

MAWAADAATI, ZAKYNA (2025) Pengembangan Media Jasuma (Jam Sudut Matematika) Pada Materi Sudut Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206114_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206114_bab1.pdf

Download (777kB)
[img] Text
21206114_bab2.pdf

Download (878kB)
[img] Text
21206114_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206114_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206114_bab5.pdf

Download (588kB)
[img] Text
21206114_daftarpustaka.pdf

Download (594kB)
[img] Text
21206114_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (191kB)

Abstract

Zakyna Mawaadaati, Dosen Pembimbing Dr Dewi Agus Triani, M.Pd dan Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I, M.Pd. Pengembangan Media Jasuma (Jam Sudut Matematika) Pada Materi Pengukuran Sudut Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V Di Min 1 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Pengembangan, Media JASUMA, Pemahaman Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran JASUMA (Jam Sudut Matematika) pada materi pengukuran sudut guna meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V di MIN 1 Kediri. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik serta kurangnya media konkret dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi sudut yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa media JASUMA (Jam Sudut Matematika) berbentuk jam analog yang dimodifikasi dengan busur derajat, penanda jenis sudut, dan elemen interaktif lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media JASUMA (Jam Sudut Matematika) layak dan efektif digunakan. Peningkatan pemahaman peserta didik ditunjukkan melalui nilai gain sebesar 0,93 pada uji coba kelompok kecil dan 0,89 pada kelompok besar (kategori tinggi). Selain itu, respon peserta didik terhadap media ini sangat positif, dengan persentase ketertarikan sebesar 95,4% dan 98,4%. Media ini membantu peserta didik dalam mengidentifikasi jenis sudut, mengukur besar sudut, serta menghubungkan konsep sudut dengan waktu secara lebih konkret dan menyenangkan. Berdasarkan temuan tersebut, media JASUMA (Jam Sudut Matematika) dinilai mampu menjadi alternatif alat bantu yang inovatif dan kontekstual dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pengukuran sudut. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pengembang pendidikan dalam menciptakan media yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zakyna Mawaadaati
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:42
Last Modified: 10 Jul 2025 04:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item