Pengembangan media lemari rolling ball untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas iv MI Manbaul Ulum Jatirejo Kepung Kabupaten Kediri

Ragil, Ma'rifatul Laily Putri (2025) Pengembangan media lemari rolling ball untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas iv MI Manbaul Ulum Jatirejo Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206058_prabab.pdf

Download (751kB)
[img] Text
21206058_bab1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
21206058_bab2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
21206058_bab3.pdf

Download (585kB)
[img] Text
21206058_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206058_bab5.pdf

Download (422kB)
[img] Text
21206058_daftarpustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
21206056_MA'RIFATUL LAILY_Pgmi.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas IV MI Manba’ul Ulum Jatirejo Kepung Kabupaten Kediri dan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media Lemari Rolling Ball; (2) mengetahui kelayakan media Lemari Rolling Ball (3) mengetahui peningkatan kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas IV MI Manbaul Ulum Jatirejo Kepung Kabupaten Kediri. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Devolopment dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data dengan wawancara serta pemberian angket kepada validator ahli media dan materi untuk mengetahui kelayakan. Instrument yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar validasi Pretest dan Posttest.Hasil penelitian ini: (1) prosedur pengembangan media Lemari Rolling Ball dilakukan melalui tahap: a) analisis kebutuhan; analisis kurikulum; dan analisis peserta didik. b) desain perancangan media dan desain perancangan soal pretest posttest. c) pengembangan media validasi ahli media dan materi c) implementasi media di sekolah melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar e) adapun evaluasi yang ada pada setiap tahapan. (2) hasil validasi dari validator media yang pertama mendapatkan presentase 83,5% dan hasil validasi media yang kedua mendapatkan presentase 89,4% yang berarti media Lemari Rolling Ball ini “layak”, penilaian dari ahli materi keduanya mendapatkan presentase 93,2% yang berarti materi dalam media Lemari Rolling Ball “sangat layak”. (3) media Lemari Rolling Ball dapat meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas IV MI Manbaul Ulum Jatirejo Kepung Kabupaten Kediri dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest yang mendapatkan 47,3 dan hasil posttest mendapatkan 87,3 dan disimpulkan nilai posttest meningkat tidak mengalami penurunan. Dengan demikian media ini sangat layak dan mampu meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MA`RIFATUL LAILY PUTRI RAGIL
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:48
Last Modified: 23 Sep 2025 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item View Item