Strategi penyusunan modul ajar berdiferensiasi guru PAI di SMAN 8 kota Kediri

Shofiana, Izza (2025) Strategi penyusunan modul ajar berdiferensiasi guru PAI di SMAN 8 kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201025_prabab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
21201025_bab1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
21201025_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
21201025_bab3.pdf

Download (35kB)
[img] Text
21201025_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
21201025_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
21201025_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
21201025_daftarpustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
21201025_LEMBARPERNYATAANPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)

Abstract

Modul ajar berdiferensiasi adalah modul yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik seperti gaya belajar, minat, tingkat kemampuan, dan kebutuhan khusus. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) perlu memiliki strategi yang tepat dalam menyusun modul ajar ini agar pembelajaran agama Islam tidak hanya bersifat tekstual, tetapi juga kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pemahaman guru PAI dalam menyusun modul ajar berdiferensiasi, (2) strategi yang digunakan dalam proses penyusunannya, serta (3) hasil dari penyusunan modul ajar tersebut di SMAN 8 Kota Kediri. Penyusunan modul ajar berdiferensiasi menjadi penting untuk memenuhi keberagaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa agar pembelajaran PAI dapat berjalan lebih efektif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data utama dari wakil kurikulum dan guru PAI di SMAN 8 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai pelaksanaan pembelajaran serta kendala yang dihadapi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMAN 8 Kota Kediri memiliki pemahaman yang baik mengenai konsep diferensiasi. Strategi yang digunakan dalam penyusunan modul ajar meliputi pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan dan minat, penyesuaian tujuan pembelajaran, serta pemilihan materi dan asesmen yang variatif. Adapun hasil modul yang disusun telah memuat unsur diferensiasi konten, proses, dan produk, meskipun belum semuanya tersusun secara optimal dan konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IZZA SHOFIANA
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:50
Last Modified: 21 Jul 2025 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item