Pengembangan Media PAPECA (Papan Pecahan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN Ngampel 3

Fatmawati, Awaliya (2025) Pengembangan Media PAPECA (Papan Pecahan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN Ngampel 3. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206042_prabab.pdf

Download (889kB)
[img] Text
21206042_bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
21206042_bab2.pdf

Download (436kB)
[img] Text
21206042_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
21206042_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206042_bab5.pdf

Download (253kB)
[img] Text
21206042_daftar_pustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text
21206042_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
21206042_Lembar_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi.pdf

Download (193kB)

Abstract

AWALIYA FATMAWATI, Dosen Pembimbing CHOIRUL ANNISA, M.Pd. dan TUTIK DINUR ROFIAH, S.Pd.I., M.Pd., Pengembangan Media PAPECA (Papan Pecahan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN Ngampel 3, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci : Pengembangan Media, Papan Pecahan, Kemampuan Berhitung Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan seorang guru atau pendidik untuk mempermudah guru. Salah satu media yang sering digunakan ialah media visual. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran PAPECA (Papan Pecahan) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran PAPECA (Papan Peacahan), (2) Mengetahui kelayakan media PAPECA (Papan Pecahan), (3) Mengetahui peningkatan kemampuan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di SDN Ngampel 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan meliputi : (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngampel 3 dengan 25 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji Wilcoxon, dan perhitungan N-Gain untuk mengetahui distribusi data, signifikansi perbedaan, serta peningkatan kemampuan berhitung peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AWALIYA FATMAWATI
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:48
Last Modified: 30 Jul 2025 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item