Pengembangan Media Box Bangru (bangun ruang) Untuk Meminimalkan Miskonsepsi Siswa Kelas 1 Pada Materi Bangun Ruang di SDN Gogorante Kediri

Santika, Gemelia Rizky (2025) Pengembangan Media Box Bangru (bangun ruang) Untuk Meminimalkan Miskonsepsi Siswa Kelas 1 Pada Materi Bangun Ruang di SDN Gogorante Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206034_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
21206034_bab1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
21206034_bab2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
21206034_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
21206034_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206034_bab5.pdf

Download (106kB)
[img] Text
21206034_daftarpustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai sumber belajar yang dapat mempengaruhi minat, motivasi, pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan sebuah pengembangan media pembelajaran matematika berupa media Box Bangru (bangun ruang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media Box Bangru (bangun ruang), mengetahui kelayakan Box Bangru (bangun ruang), untuk meminimalkan miskonsepsi atau pemahamaan peserta didik, mengetahui keefektifan media Box Bangru (bangun ruang) untuk meminimalkan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini memiliki 5 tahapan yaitu tahap analyze, desain, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket validasi. Analisis data menggunakan uji T, dan uji test Four-Tier untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengembangan media pembelajaran Box Bangru (bangun ruang) dilakukan dengan 5 tahap antara lain analisis, desain, pengembanagan, implementasi, dan evaluasi. Dari tahapam tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk yang berupa Box Bangru (bangun ruang) sesuai tahap-tahap yang ada, kelayakan produk media Box Bangru (bangun ruang) yang dinyatakaan oleh para ahli dengan hasil 91% dan ahli media 96%. Setelah diterapkannya media Box Bangru (bangun ruang) tersebut pemahaman peserta didik meningkat 21% dengan demikian media Box Bangru (bangun ruang) dapat meminimalkan miskonsepsi peserta didik kelas I.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: GEMELIA RIZKYA SANTIKA
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:38
Last Modified: 23 Jul 2025 04:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item