STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN ANTARA SISWA LULUSAN MTS DAN SMP PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT-LAMONGAN

Irsyada, Shohaa Arifia (2018) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN ANTARA SISWA LULUSAN MTS DAN SMP PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT-LAMONGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932143814_PRA BAB.pdf

Download (827kB)
[img] Text
932143814_BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932143814_BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932143814_BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932143814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
932143814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932143814_BAB VI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932143814_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan Menghafal al-Qur’an Penelitian ini dilaksanakan karena di zaman sekarang ini sudah banyak lembaga-lembaga atau instansi pendidikan umum baik lembaga Pendidikan Negeri dan lembaga swasta yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz. SMA Muhammadiyah 1 Babat adalah salah satu dari lembaga formal yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz sebagai wadah peserta didik agar menjadi penghafal al-Qur’an. Disini para siswa ditargetkan minimal menghafal 1 juz alQur’an yaitu juz 30. Di SMA Muhammadiyah 1 Babat sendiri terdiri dari siswa yang berlatar belakang daerah maupun latar belakang sekolah yang berbeda-beda. Ada yang dari SMP dan MTs. Tentunya kemampuan menghafal setiap siswa berbeda-beda ada yang cepat menghafal ada yang lama sekali menghafal meskipun hanya satu surat atau bahkan satu ayat. Oleh karena itu disini peneliti akan meneliti komparasi kemampuan menghafal antara siswa lulusan MTs dan SMP di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah komparasi (membandingkan), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan atau tidak dalam kemampuan menghafal al-Qur’an antara lulusan MTs dan SMP. Populasi sekaligus dijadikan sampel sejumlah 153 siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t-test independent. Yang dimulai dengan menguji homogenitas untuk menentukan rumus yang digunakan, kemudian dihitung rumus Pollad varians Kesimpulan dari skripsi ini adalah: 1) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa lulusan MTs dan SMP tergolong cukup. Hal ini terlihat pada perolehan ratarata nilai yaitu 81,84 dan juga 80,13. 2) Tidak ada perbedaan dalam kemampuan menghafal al-Qur’an antara siswa lulusan MTs dan SMP. Berdasarkan hasil analisis perhitungan statistic melalui rumus Polled Varians t-test diperoleh t=0,86 dan dikonsultasikan pada t tabel yaitu taraf kesalahan 5% (1,976)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:45
Last Modified: 23 Nov 2020 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item