Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sejarah Kerajaan Di Indonesia Kelas Iv Semester II Di MI Muhammadiyah 1 Pare

Faizah, Nisa Nur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sejarah Kerajaan Di Indonesia Kelas Iv Semester II Di MI Muhammadiyah 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206043_prabab.pdf

Download (582kB)
[img] Text
21206043_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
21206043_bab2.pdf

Download (364kB)
[img] Text
21206043_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
21206043_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206043_bab5.pdf

Download (202kB)
[img] Text
21206043_daftarpustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
21206043_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (170kB)

Abstract

NISA NUR FAIZAH. Dosen pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan Dr. Mochammad Desta Pradana, M.Pd, pengembangan media pembelajaran Flipbook Digital berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS materi sejarah Kerajaan di Indonesia kelas IV semester II di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institt Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR), Sejarah Kerajaan di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPAS materi sejarah kerajaan di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena siswa mengatakan bahwa materi sejarah merupakan pelajaran yang sulit karena alur ceritanya yang panjang. Selain itu belum ada inovasi pembelajaran sehingga muncul kebosanan pada siswa. Dari hal tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran materi IPAS berupa Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR). Rumusan masalah penelitian ini ialah (1) bagaimana prosedur pengembangan media. (2) bagaimana kelayakannya, serta (3) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR), mengetahui kelayakan pengembangan media Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR), untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket validasi, angket respon guru, angket motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan skala likert untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosedur pengembangan penelitian ini meliputi analisis tujuannya untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan pembelajaran. Tahap desain membuat perancangan produk flipbook digital berbasis augmented reality. Tahap pengembangan mencakup pembuatan produk flipbook yang akan divalidasikan kepada para ahli. Implementasi dilakukan dengan uji coba kelompok kecil besar. Evaluasi untuk menilai keberhasilan produk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada setiap tahapan ADDIE terdapat evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki (2) Kelayakan media pengembangan dapat dilihat dari hasil validasi para ahli yaitu dari ahli desain mendapatkan 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli media mendapakan 80% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi angket motivasi belajar mendapatkan 94% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil analisis data dari penggunaan media pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR) menunjukkan skor rata-rata 78% dengan kategori “Termotivasi”. Artinya media pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Augmented Reality (AR) dapat memotivasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NISA NUR FAIZAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:54
Last Modified: 23 Sep 2025 06:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item