Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Infaq Dan Shodaqoh Di Baitul Maal Hidayatullah Kabupaten Jombang

Faradillah, Azzira Maura (2025) Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Infaq Dan Shodaqoh Di Baitul Maal Hidayatullah Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934120019_Prabab.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Prabab (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
934120019_Bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
934120019_Bab2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
934120019_Bab3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
934120019_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
934120019_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
934120019_Bab6.pdf

Download (51kB)
[img] Text
934120019_Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Maura.pdf

Download (139kB)

Abstract

Strategi fundraising adalah panduan terinci yang menetapkan langkah konkret yang dilakukan untuk mencapai tujuan penggalangan dana. Rencana ini mencakup serangkaian kegiatan yang dirancang mulai dari perencanaan kampanye, pengaturan acara, hingga implementasi strategi komunikasi dan pengumpulan dana. Pertama, tim penggalangan dana mengidentifikasi metode yang paling efektif untuk menjangkau donor potensial, seperti kampanye online, acara langsung, atau kerjasama dengan perusahaan. Selanjutnya, rencana ini juga mencakup alokasi waktu, anggaran, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap tahap dari awal hingga akhir kampanye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dari hasil wawancara dengan bagian admin dan bagian fundrising serta data sekunder dari media penghubung, seperti laporan, brosur serta referensi lainnya. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif melalui tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan penelitian, kedalaman obervasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi fundraising infaq dan shodaqoh yang dilakukan oleh BMH Kabupaten Jombang dalam meningkatkan dana infaq dan shodaqoh adalah adanya kantor layanan yang ada pada tingkat wilayah yang lebih kecil, bekerjasma dengan instansi seperti rumah sakit, klinik dan sekolah,memberikan kemudahan pembayaran dana yaitu dengan cara offline (Datang langsung ke lembaga ataupun menggunakan cara jemput donasi) dan cara online (Melalui rekening, ovo, gopay, dana dan linkaja), membuka stand di kegiatan pengajian yang mereka adakan, serta memasarkan melalui media offline (Brosur dan majalah) dan online (Website, instagram, facebook, twitter, youtube).(2) Dana infaq dan shodaqoh yang diperoleh BMH Kabupaten Jombang dari tahun 2018-2020 mengalami fluktuatif, mengalami penurunan -25,5% dan pada tahun 2021 mengalami peningkatan kembali sebesar 1,2%. Adapun faktor pendukung dalam perolehan dana infaq dan shodaqoh di BMH Kabupaten Jombang yaitu adanya kantor layanan, amanah terhadap uang yang dititipkan para donatur, adanya program yang dimiliki lembaga di berbagai bidang,laporan keuangan yang transparan, adanya fasilitas mobil yang memudahkan dalam melakukan kegiatan, adanya grup WA donatur yang berguna untuk mengeshare informasi kepada para donatur. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hanya terdapat tiga petugasfundraising, fasilitas motor untuk petugas fundraising hanya satu, kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar berinfaq dan bershodaqoh

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Azzira Maura Faradillah
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:38
Last Modified: 04 Jul 2025 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item