Implementasi Program Literasi "SAYA SEHATIMU" dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri

Faizah, Vera Ella (2025) Implementasi Program Literasi "SAYA SEHATIMU" dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205038_prabab.pdf

Download (653kB)
[img] Text
21205038_Bab 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
21205038_Bab 2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
21205038_Bab 3.pdf

Download (166kB)
[img] Text
21205038_Bab 4.pdf

Download (583kB)
[img] Text
21205038_Bab 5.pdf

Download (420kB)
[img] Text
21205038_Bab 6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
21205038_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
21205038_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

VERA ELLA FAIZAH, Dosen Pembimbing Nila Lukmatus Syahidah, M. Pd. I. dan Siska Yulia Weny, M. Ak., Implementasi Program Literasi “SAYA SEHATIMU” Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci : Program Literasi, Kreativitas, Manajemen Pendidikan. Program literasi merupakan salah satu upaya strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam mengembangkan kreativitas siswa. Program SAYA SEHATIMU di SMP Al Huda Kota Kediri menjadi fokus penelitian karena program ini merupakan inovasi sekolah berbasis karakter dan minat bakat yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi siswa untuk berkarya sesuai dengan bidang yang diminatinya. Alasan ini diperkuat dengan pentingnya program literasi yang terintegrasi dalam membentuk pribadi siswa yang kreatif dan berkarakter di tengah tantangan pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Program Literasi “SAYA SEHATIMU” dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP AL-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, serta siswa yang mengikuti program SAYA SEHATIMU. Analisis data dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan program dilakukan melalui penyusunan pedoman pelaksanaan yang disosialisasikan kepada guru dan siswa. 2) Pengorganisasian melibatkan penentuan pembagian tugas guru dalam membimbing siswa berdasarkan mata pelajaran yang diampu, serta pembentukan tim editing dan penanggung jawab per kelas. 3) Pelaksanaan program terdiri dari kegiatan siswa membuat karya sesuai mata pelajaran, konsultsasi dengan guru, presentasi karya di kelas, hingga pengumpulan ke Google Drive yang dikelola oleh masing-masing wali kelas. Setelah itu, dilakukan proses editing konten dan tata letak yang dibantu oleh tim kelas dan guru mapel. 4) Pengawasan dilakukan melalui monitoring dan evaluasi oleh guru dan wali kelas secara berkala berupa catatan guru untuk memastikan setiap tahap berjalan sesuai rencana. Program ini memberikan ruang bagi siswa untuk menuangkan ide dan kreativitasnya ke dalam bentuk karya tulis, yang kemudian dikompilasi menjadi buku cetak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vera Ella Faizah
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:41
Last Modified: 04 Jul 2025 08:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item