Efektivitas problem based learning berbasis socio scientific issues terhadap keterampilan 4c (critical thinking, creativity, communication, and collaboration) siswa pada materi pencemaran lingkungan

Ramadhini, Roihanah (2025) Efektivitas problem based learning berbasis socio scientific issues terhadap keterampilan 4c (critical thinking, creativity, communication, and collaboration) siswa pada materi pencemaran lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21208028_PRABAB.pdf

Download (969kB)
[img] Text
21208028_BAB1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
21208028_BAB2.pdf

Download (717kB)
[img] Text
21208028_BAB3.pdf

Download (555kB)
[img] Text
21208028_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208028_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
21208028_BAB6.pdf

Download (320kB)
[img] Text
21208028_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Pendidikan masa kini perlu menyesuaikan diri dengan tuntutan abad ke-21, salah satunya dengan menekankan peningkatan keterampilan 4C, yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration, yang sangat penting bagi peserta didik. Dalam penelitian ini, digunakan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues sebagai pendekatan untuk mendorong peningkatan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues dalam mengembangkan keterampilan 4C siswa, khususnya dalam materi pencemaran lingkungan. Adapun rumusan masalah yang diangkat meliputi bagaimana penerapan model tersebut dapat meningkatkan keterampilan 4C serta sejauh mana efektivitasnya terhadap kemampuan critical thinking, creativity, communication, dan collaboration siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel pada penelitian terdiri dari 44 siswa kelas VII SMP Plus Rahmat Kota Kediri. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues efektif dalam meningkatkan keterampilan Critical Thinking, Communication dan Collaboration. Namun, tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keterampilan Creativity. Nilai P-Values untuk keterampilan Critical Thinking = 0,043,Communication = 0,004 dan Collaboration = 0,000, sementara untuk keterampilan Creativity = 0,217. Dengan demikian, model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues mampu menjadi alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa, meskipun masih diperlukan penguatan dalam keterampilan Creativity.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: ROIHANAH RAMADHINI
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:47
Last Modified: 03 Jul 2025 04:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item