Jannah, Nurni Mufiddatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI IPAS CERITA TENTANG DAERAHKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL MUNA PRAMBON NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20206100_ prabab.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
20206100_bab1.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
20206100_bab2.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
20206100_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20206100_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
20206100_bab5.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
20206100_daftarpustaka.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
20206100_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas IV dalam materi IPAS “Cerita Tentang Daerahku’ yang pembelajarannya hanya menggunakan buku LKS saja, sehingga dinilai kurang menarik dan kemampuan yang dicapai siswa pun kurang maksimal. Untuk mengatasi kendala diatas peneliti akhirnya mengembangkannya media pembelajaran berbasis komik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Untuk Mengetahui Prosedur Pengembangan Media Komik Pada Materi IPAS Cerita Tentang Daerahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Muna Prambon Nganjuk 2) Untuk Mengetahui Kelayakan dari Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi IPAS Cerita Tentang Daerahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Muna Prambon Nganjuk 3) Untuk Mengetahui Keefektifan Media Komik Pada Materi IPAS Cerita Tentang Daerahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Muna Prambon Nganjuk. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini ialah 26 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket validasi dan dokumentsi. Hasil penelitian dan pengembangan ini: 1) pengembangan media pembelajaran komik untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa. Penelitian ini mencangkup beberapa tahapan. Tahap pertama analyze, yaitu analisis kebutuhan, analisis peserta didik, dan analisis kurikulum. Tahap kedua design, terdiri dari analisis CP dan TP, menentukan cerita, membuat alur, naskah cerita, tokoh, dan membuat sketsa tata letak. Tahap ketiga development, yaitu tahap pembuatan media komik dan pengembangan hasil validasi media. Tahap keempat implementation, yaitu mengujicobakan media kepada siswa. Tahap kelima evaluation, yaitu mengevaluasi dari hasil uji kelayakan media dan hasil percobaan yang sudah dilaksanakan. 2) hasil kelayakannya media komik oleh ahli media mendapat skor 82%, ahli materi 92%, ahli soal 92,5%, serta ahli pembelajaran 94,5%, yang kategori layak diuji coba. 3) Efektifitas media komik dilakukan dengan menggunakan uji T, dan uji N-Gain. Uji Paired Sample T Test (Uji t) memiliki nilai sig (2 Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan t hitung -23.923 < t tabel -2,05954 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N Gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,6683 yang mana skor kurang dari 0,7 maka dikategorikan sedang. Untuk N Gain persen nilai rata-rata yang didapat adalah 66,8296 maka dikategorikan cukup efektif, artinya pembelajaran dengan memanfaatkan media komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Muna Prambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NURNI MUFIDDATUL JANNAH |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |