Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V MI Bilingual Al Islam Sukomoro

Ardiansyah, Ahmad Farista (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V MI Bilingual Al Islam Sukomoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206075_prabab.pdf

Download (549kB)
[img] Text
21206075_bab1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
21206075_bab2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
21206075_bab3.pdf

Download (381kB)
[img] Text
21206075_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206075_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
21206075_daftarpustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text
21206075_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah media visual, yaitu alat bantu yang menyampaikan materi melalui indera penglihatan untuk mempermudah pemahaman siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran visual Smart Box untuk mendukung proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Smart Box dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Menganalisis kelayakan pengembangan media pembelajaran Smart Box bagi peserta didik kelas V MI Bilingual Al Islam Sukomoro. (3) menganalisis keefektifan media pembelajaran Smart Box bagi peserta didik kelas V MI Bilingual Al Islam Sukomoro. Penelitian ini dilaksanakan di MI Bilingual Al Islam Sukomoro pada kelas V yang melibatkan 18 peserta didik, dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu : (1) Observasi, (2) Wawancara. (3) Dokumentasi, (4) Tes, (5) Angket Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran Smart Box dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, kurikulum, serta karakteristik peserta didik. Desain media disusun menggunakan aplikasi Canva dan direalisasikan dalam bentuk visual cetak. Media tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan dievaluasi untuk menilai kelayakan serta efektivitasnya. (2) Hasil validasi ahli media pembelajaran memperoleh persentase 92%, menandakan media layak digunakan, pada tahap validasi ahli materi menghasilkan nilai 90% untuk kesesuaian materi dengan kurikulum dan 76% untuk kesesuaian dengan kebutuhan siswa, yang menunjukkan media sudah cukup efektif. (3) Analisis data pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada tahap uji coba, nilai rata-rata pretest sebesar 67,7, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 91,6. Selain itu, perhitungan N-Gain Score menunjukkan nilai di atas 0,75 yang termasuk dalam kategori "tinggi". Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Bilingual Al Islam Sukomoro.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AHMAD FARISTA ARDIANSYAH
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:17
Last Modified: 11 Jul 2025 03:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item