Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Goyong Kelusa Pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Di Mi Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri

Maulidiyah, Intan (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Goyong Kelusa Pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Di Mi Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206057_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21206057_bab1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
21206057_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
21206057_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
21206057_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206057_bab5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21206057_daftarpustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
21206057_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206057_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (185kB)

Abstract

INTAN MAULIDIYAH. Dosen Pembimbing APRILIYANI DIAH KARTIKSARI, M.Pd. dan ERIKA PUSPITASARI, M.Pd. Pengembangan Media Interaktif Goyong Kelusa Pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Di MI Ma‟arif NU Insan Cendekia, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Pengembangan, Media Goyong Kelusa, Tingkat Pemahaman Kognitif Media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah media pembelajaran interaktif, yaitu media pembelajaran yang dirancang dengan berbagai macam unsur media di dalamnya, seperti teks, grafik, audio, video, dan animasi serta dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna untuk berinteraksi, berkreasi, berkomuikasi serta mendapatkan informasi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interatif Goyong Kelusa untuk mendukung proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif Goyong Kelusa. (2) Menganalisis kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif Goyong Kelusa bagi peserta didik kelas 4 di MI Ma‟arif NU Insan Cendekia. (3) Menganalisis peningkatan pemahaman pada peserta didik kelas 4 di MI Ma‟arif NU Insan Cendekia. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas 4 di MI Ma‟arif NU Insan Cendekia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran interaktif Goyong Kelusa dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik, serta kurikulum. Desain media disusun menggunakan aplikasi canva dan direalisasikan ke dalam bentuk aplikasi digital interaktif. Media tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan dievaluasi untuk menilai kelayakan serta efektivitasnya. (2) Hasil validasi media meperoleh persentase 100%, menandakan media sangat layak digunakan. Pada tahap validasi ahli pembelajaran menghasilkan nilai sebesar 95%, menandakan media sangat layak. Dan pada tahap validasi ahli materi Mengahasilkan nilai 75% untuk kesesuaian materi dengan kurikulum dan kebutuhan siswa sehingga media sudah cukup efektif. (3) Analisis data pretest dan posttets menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman kognitif peserta didik. Pada tahap uji coba, nilai rata-rata pretest 57%, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 90%. Selain itu, perhitungan skor N-Gain 0,77 atau 77% yang termasuk dalam kategori “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif Goyong Kelusa terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik kelas 4 pada materi gotong royong di lingkup kecamatan, kelurahan, dan desa di MI Ma‟arif NU Insan Cendekia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: INTAN MAULIDIYAH
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:31
Last Modified: 02 Jul 2025 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item