PENGEMBANGAN E-MODUL ECOCOSMIC BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS VII SEMESTER GENAP DI MTSN 2 KEDIRI

Rohmah, Aisyah Ainuur (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL ECOCOSMIC BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS VII SEMESTER GENAP DI MTSN 2 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21208016_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21208016_bab1.pdf

Download (11MB)
[img] Text
21208016_bab2.pdf

Download (11MB)
[img] Text
21208016_bab3.pdf

Download (11MB)
[img] Text
21208016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
21208016_bab5.pdf

Download (11MB)
[img] Text
21208016_daftarpustaka.pdf

Download (11MB)
[img] Text
21208016_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran yang disebabkan oleh penggunaan LKS yang kurang efektif karena didominasi latihan soal tanpa disertai penjelasan yang rinci dan minim visualisasi yang membuat siswa mudah merasa bosan, sehingga siswa merasa kurang jelas dalam memahami materi dan kurang terbantu dalam mengerjakan soal yang diberikan. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengembangkan e-modul ecocosmic berbasis android dengan tujuan (1) untuk mengetahui prosedur pengembangan e-modul ecocosmic berbasis android untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi IPA kelas VII semester genap di MTsN 2 Kediri, (2) untuk mengetahui kelayakan e-modul ecocosmic berbasis android untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi IPA kelas VII semester genap di MTsN 2 Kediri, (3) untuk mengetahui keefektifan e-modul ecocosmic berbasis android untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi IPA kelas VII semester genap di MTsN 2 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-H di MTsN 2 Kediri dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dengan guru IPA, angket validasi dari ahli media, materi, dan teknologi, serta angket minat belajar dan angket respon siswa, dan dokumentasi selama proses pegembangan dan uji coba. Data dianalisis secara kuantitatif, dengan uji kelayakan dari validator dan uji keefektifan berdasarkan hasil angket minat belajar siswa yang meliputi uji kelayakan uji inter-rater agreement, uji normalitas, uji t (paired sample t test), dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Prosedur pengembangan mencakup analisis kebutuhan, perancangan konten dan tampilan e-modul, pengembangan menggunakan platform berbasis android, implementasi dalam pembelajaran, serta evaluasi melalui validasi ahli dan uji coba terbatas serta luas. (2) Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ecocosmic berbasis android dinyatakan sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan sebesar 82,3% dari ahli media, 90% dari ahli materi, dan 92,4% dari ahli teknologi. Uji coba terhadap 33 siswa kelas VII-H MTsN 2 Kediri menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai thitung -81,092 > ttabel -2,036. (3) Keefektifan media diukur melalui perbandingan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul menggunakan uji N-gain, dengan hasil sebesar 0,7000 atau 69,9976% yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, e-modul ecocosmic berbasis android dinyatakan efektif dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: AISYAH AINUUR ROHMAH
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:30
Last Modified: 02 Jul 2025 03:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17908

Actions (login required)

View Item View Item