Rahmawati, Lailatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208043_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21208043_bab1.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
21208043_bab2.pdf Download (766kB) |
![]() |
Text
21208043_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
![]() |
Text
21208043_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
21208043_bab5.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
21208043_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
21208043_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
![]() |
Text
21208043_biodatapenulis.pdf Download (72kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan dilatarbelakangi pada minimnya literasi sains siswa. Guru berperan aktif dalam mengembangkan sebuah inovasi baru untuk menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar serta minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah digital berbasis android sebagai alternatif pembelajaran masa kini yang kreatif dan inovatif. Majalah digital berbasis android ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis kondisi peserta didik. Pada tahap desain berfokus pada desain atau perancangan media untuk mengembangkan produk. Pada tahap pengembangan yaitu melakukan pengembangan rancangan dan melakukan validasi oleh para ahli terhadap pengembangan E-magazine berbasis android. Tahap implementasi yaitu dilaksanakan uji coba yang dilakuakn di MtsN 1 Kota Kediri. Tahap Evaluasi dilakukan melalui validator ahli materi, ahli media dan teknologi, dan ahli bahasa serta analisis hasil angket. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi ahli materi, media dan teknologi, dan ahli bahasa yang memeperoleh hasil masing-masing adalah 97,6%, 92,6% dan 90% yang dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Keefektifan media diukur berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil ini didukung dengan nilai t-hitung 36,737 dengan t-tabel 1.694 dengan hasil N-gain 1,356. Kesimpulannya, E-magazine berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi ekologi dan keanekaragaman hayati untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | LAILATUL RAHMAWATI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |