Hidayah, Nurul (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208033_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208033_bab1.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
21208033_bab2.pdf Download (855kB) |
![]() |
Text
21208033_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
![]() |
Text
21208033_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21208033_bab5.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
21208033_daftarpustaka.pdf Download (548kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis STEM sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Integrasi STEM dalam e-modul diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan nyata, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak seperti getaran, gelombang, dan bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi terhadap kebutuhan siswa, kurikulum, dan karakteristik peserta didik. Tahap desain mencakup penyusunan isi materi dan perancangan media berdasarkan hasil analisis. Tahap pengembangan dilakukan dengan merealisasikan desain ke dalam bentuk e-modul yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli soal. Tahap implementasi dilakukan dengan menerapkan e-modul dalam proses pembelajaran di kelas, sedangkan tahap evaluasi melibatkan penilaian terhadap hasil implementasi serta refleksi dari setiap tahapan dalam model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan persentase kevalidan masing-masing 94,2% (media), 88% (materi), 92% (soal), dan 94,2% (pembelajaran). Keefektifan e-modul diukur melalui perbandingan hasil pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 17,66, sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 25,2. Hasil uji T menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis STEM memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0202 Classical Physics (Fisika Klasik) > 020399 Classical Physics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |