Pengembangan bubatu (buku baca tulis) berbasis global untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 MIN 1 Kediri

Ardiwijaya, Candra (2025) Pengembangan bubatu (buku baca tulis) berbasis global untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206052_prabab.pdf

Download (536kB)
[img] Text
21206052_bab1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
21206052_bab2.pdf

Download (434kB)
[img] Text
21206052_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
21206052_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
21206052_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
21206052_daftar_pustaka.pdf

Download (184kB)
[img] Text
21206052_lembar_pernyataan_persetujuan_publikasi.pdf

Download (251kB)

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Namun, realitanya masih banyak siswa yang belum lancar, bahkan belum bisa membaca dan menulis sama sekali. Guna mengatasi masalah ini, pihak madrasah memberikan bimbingan, namun peneliti menemukan bahwa siswa sering merasa bosan dan tidak fokus saat belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan BUBATU (Buku Baca Tulis) berbasis global sebagai solusi untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) pengembangan, (2) kelayakan, dan (3) keefektifan buku baca tulis berbasis global. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1A di MIN 1 Kediri, terdiri dari 28 siswa (13 laki-laki dan 15 perempuan). Metode pengambilan sampel menggunakan stratified sampling berdasarkan tingkat kemampuan awal membaca dan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model Plomp yang memiliki 5 tahapan, (1) fase penelitian awal (pralimanary investigation), (2) fase desain (design), (3) fase konstruksi/realisasi (construction/realization), (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (test, evaluation, revision) dan (5) fase implementasi (implementation). Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) BUBATU dirancang penuh warna dengan ilustrasi menarik. (2) Buku baca tulis yang dikembangkan divalidasi oleh 4 ahli, 2 dari ahli materi bahasa dan 2 dari ahli media. Hasil validasi menunjukkan kelayakan tinggi dengan persentase antara 73,75% hingga 95%. (3) Hasil keefektifan buku diukur melalui pre-test dan post-test. Pada uji kelompok kecil, nilai rata-rata meningkat dari 63 menjadi 86, dan pada uji kelompok besar dari 66 menjadi 92, dengan nilai N-gain sebesar 0,4 (kategori efektivitas sedang). Jadi, dapat disimpulkan pengembangan BUBATU (Buku Baca Tulis) berbasis Global layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan baca tulis permulaan siswa kelas 1 SD/MI

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: CANDRA ARDIWIJAYA
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:40
Last Modified: 01 Jul 2025 06:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17862

Actions (login required)

View Item View Item