Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bibit Tanaman Studi Pada UMKM Bejotani Com Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Hidayati, Siti Lailatul (2025) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bibit Tanaman Studi Pada UMKM Bejotani Com Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931334818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931334818_bab1.pdf

Download (855kB)
[img] Text
931334818_bab2.pdf

Download (346kB)
[img] Text
931334818_bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
931334818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
931334818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
931334818_bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
931334818_daftar_pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstract

SITI LAILATUL HIDAYATI. NIM 9313.348.18. Dosen Pembimbing I Nilna Fauza, M. HI, Dosen Pembimbing II Dr. Oktaria Ardika Putri, S.SI, MM.: “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bibit Tanaman (Studi pada UMKM BejoTani Com Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2025. Perkembangan dunia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin pesat, membuat banyaknya perubahan yang terjadi dilingkungan usaha sehingga mempengaruhi persaingan usaha yang ketat. Pegiat UMKM dalam mempertahankan usahanya perlu menerapkan strategi yang berbeda agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Penerapan strategi pemasaran produk merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk yang dimiliki UMKM. Strategi pemasaran produk dilakukan dengan cara menambah jenis produk yang ada agar beragam dan menjaga kualitas produk yang akan dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM BejoTani Com dalam memasarkan produk bibit tanaman, serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk di UMKM BejoTani Com dan strategi pemasaran apa yang dapat diterapkan oleh BejoTani Com untuk meningkatkan penjualan produk bibit mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah medote penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yakni dengan mengumpulkan, menafsirkan, menghubungkan dan menyimpulkan fakta serta data yang telah didapatkan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil metode wawancara, observasi serta dokumentasi dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan cara mengembangkan produk yang dimiliki melalui penambahan jenis produk, yang pada awalnya hanya produk bibit pohon hutan, dan bertambah menjadi produk tanaman bunga, bibit tanaman toga, bibit buah dan juga bibit sayur. Selain itu juga dilakukannya perawatan dan pemeliharaan terhadap produk yang akan dipasarkan agar kualitas produknya bisa terjamin, juga lokasi yang strategis dan harga yang sesuai dengan pasaran. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di BejoTani Com berdasarkan bauran pemasaran membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan di BejoTani Com mampu untuk mempertahankan eksistensi dan bersaing dengan kompetitor yang ada, meskipun pada masa pandemi dari tahun 2020 sampai 2023 penjualannya mengalami penurunan yang drastis karena adanya peraturan pemerintah perihal pembatasan sosial sehingga BejoTani Com tidak bisa memasarkan produknya ke luar daerah, namun pada tahun 2024 penjualan produknya mengalami kenaikan yang pesat yang disebabkan sudah tidak berlakunya peraturan pembatasan sosial. Peningkatan penjualan tersebut sejalan dengan naiknya pendapatan yang diterima. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan dan Bauran Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Lailatul Hidayati
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:00
Last Modified: 02 Jul 2025 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17852

Actions (login required)

View Item View Item