Maghfiroh, Zakiyatul (2025) Pengembangan media PANITA (Papan Nilai Tempat) matematika materi bilangan cacah dalam meningkatkan hasil belajar kelas 3 di MIN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21206123_prabab.pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
21206123_bab1.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
21206123_bab2.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
21206123_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
21206123_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206123_bab5.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
21206123_daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi FIKS,docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
Abstract
ZAKIYATUL MAGHFIROH. Dosen Pembimbing Dr. SEPTIANA PURWANINGRUM, M.Pd.I dan KURNIA AHADIYAH, S.Si, M.Si. Pengembangan Media PANITA Matematika Materi Bilangan Cacah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III di MIN 2 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Papan Nilai Tempat penelitian ini dilatar belakangi karena terbatasnya media pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang tertarik pada materi pembelajaran matematika materi bilangan cacah dikelas III-A di MIN 2 Kota Kediri yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan hasil belajar yang kurang maksimal, karena pembelajaran yang disampaikan masih bersifat abstrak. Sehingga kelas III-A perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif, inovatif serta dan menyenangkan agar dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Oleh karena itu, tujuan peneliti mengembangkan media PANITA ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media PANITA dalam meningkatkan hasil belajar siswa, mengetahui kelayakan media PANITA, dan mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media PANITA pada siswa kelas III-A MIN 2 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kota Kediri kelas III-A dengan jumlah 30 peserta didik. Penelitian menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dimana pada setiap tahapan dilakukan evaluasi berulang-ulang. Uji kelayakan media dengan skala likert (validasi ahli media, materi dan respon peserta didik). Peningkatan hasil belajar dengan melakukan pretest dan posttest pada peserta didik dengan skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media PANITA melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sedangkan kelayakan media PANITA dilihat dari hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 96,25% dengan kategori valid/layak digunakan, yang mana 95% dari ahli media I, dan persentase 95,5% dari ahli media II. Sedangkan dari validasi ahli materi mendapatkan persentase 96,2% dengan kategori sangat valid/layak digunakan, yang mana persentase 92,5% dari ahli materi I, dan persentase 100% dari ahli materi II. Kemudian untuk respon peserta didik mendapatkan kategori sangat valid digunakan untuk persentase 94,2% pada uji coba produk skala kecil dan 97,6% pada uji coba produk skala besar, dan Peningkatan hasil belajar media PANITA dilihat dari hasil tes peserta didik. Hasil tes pada uji coba skala kecil diperoleh nilai N-Gain dengan persentase 95,77% denhga kategori meningkat. Kemudian untuk hasil tes uji coba skala besar diperoleh dengan nilai N-Gain dengan 85,94% dengan kategori mampu meningkatkan hasil belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media PANITA ini sangat layak dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Cacah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ZAKIYATUL MAGHFIROH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |