Sufrita, Mufrihatus (2025) Easa : Exploring Earth And Space Adventures Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas VI MI Islamiyah Kumisik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206109_prabab.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
21206109_bab1.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
21206109_bab2.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
21206109_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
![]() |
Text
21206109_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206109_bab5.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
21206109_daftarpustaka.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
21206109_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
![]() |
Text
21206109_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (190kB) |
Abstract
SUFRIYA. Dosen Pembimbing APRILIYANI DIAH KARTIKASARI M.Pd dan AZIZA ANGGI MAIYANTI S.Si, M.Pd, EASA : Exploring Earth And Space Adventures Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas VI MI Islamiyah Kumisik, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Pengembangan, EASA, Kemampuan Kognitif, Materi Menjelajah Bumi dan Antariksa Pengembangan media berbasis digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial sangatlah penting untuk mendukung penyebaran konten pendidikan. Dalam pembelajaran IPAS, terdapat beberapa permasalahan, antara lain; (1) kurangnya keterampilan digital siswa; (2) rendahnya antusiasme dalam pembelajaran; (3) ketidakterbiasaan belajar mandiri; dan (4) kesulitan memahami materi menjelajah bumi dan antariksa. Guru juga menghadapi beberapa tantangan, antara lain; (1) keterbatasan dalam menyesuaikan pembelajaran dengan teknologi; (2) jarangnya pemanfaatan media digital; dan (3) dominasi penggunaan media konvensional. Pengembangan dan penerapan media EASA yang memuat materi menjelajah bumi dan antariksa ditujukan sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut guna meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran EASA untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi menjelajah bumi dan antariksa kelas VI MI islamiyah kumisik; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran EASA untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi menjelajah bumi dan antariksa kelas VI MI islamiyah kumisik; (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran EASA untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi menjelajah bumi dan antariksa kelas VI MI islamiyah kumisik. Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Kumisik dengan subjek penelitian yaitu kelas VI yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi dari ahli media sebesar 97%, ahli materi 95%, dan ahli pembelajaran 95%, (2) Hasil respon peserta didik sebesar 94% pada uji coba kelompok kecil dan hasil respon peserta didik sebesar 94% pada uji coba kelompok besar, (3) nilai pretest ke posttest dari 38% menjadi 81% pada kelompok kecil, dan dari 42% menjadi 85% pada kelompok besar. Rata-rata skor N-Gain sebesar 0,8085 dan N-Gain persen sebesar 76,80% yang berkategori “Efektif” dengankriteria peningkatan “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran EASA dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi menjelajah bumi dan antariksa di kelas VI Mi islamiyah kumisik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MUFRIHATUS SUFRIYA |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |