Efektivitas metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Mubtadiin Pagu Kediri

Salmiyah, Zulfa Alfi (2025) Efektivitas metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Mubtadiin Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201164_prabab.pdf

Download (547kB)
[img] Text
21201164_bab1..pdf

Download (340kB)
[img] Text
21201164_bab2..pdf

Download (594kB)
[img] Text
21201164_bab3..pdf

Download (182kB)
[img] Text
21201164_bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
21201164_bab5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
21201164_bab6..pdf

Download (152kB)
[img] Text
21201164_daftarpustaka..pdf

Download (217kB)
[img] Text
21201164_lampiranlampiran..pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
21201164_lembarpersetujuanpublikasiilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Salmiyah, Zulfa Alfi. Efektivitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Hidayatul Mubtadiin Pagu Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025.Dosen Pembimbing Dr. Kadi, M.Pd.I. dan Nurul Ahsin, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Santri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Hidayatul Mubtadiin yang sebelumnya menggunakan metode Iqra'. Namun, metode ini dianggap kurang efektif karena keterbatasan jumlah santri dan sarana belajar yang belum memadai. Akibatnya, banyak santri mengalami kesulitan membaca Al-Qur'an seperti kurang lancar membaca, tidak fokus, bahkan sering tidak mengikuti kegiatan mengaji. Untuk mengatasi hal tersebut, TPQ Hidayatul Mubtadiin akhirnya mengubah dan menerapkan metode Yanbu'a dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur'an, karena metode ini sangat cocok untuk diterapkan di TPQ ini dan memudahkan santri belajar membaca Al-Qur'an. Dalam penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Hidayatul Mubtadiin Pagu Kediri setelah diterapkan Metode Yanbu’a, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi efektivitas kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ Hidayatul Mubtadiin Pagu Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu penelitian yang menggambarkan, memamparkan, mengkaji, dan mengaitkan data yang diperoleh baik tekstual maupun kontekstual. Teknik pengumpulan data dengan metode berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Kepala TPQ, Ustadz / Ustadzah dan Santri. Selain itu juga menggunakan analisis data yang dibagi tiga, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri setelah diterapkan Metode Yanbu’a mengalami peningkatan yang baik sesuai dengan indikator kemampuan membaca Al-Qur’an dilihat dari segi Kelancaran dan Tartil rata-rata santri sudah mencapai tahap lancar dan dikategorikan baik, Ketepatan tajwid santri sudah mampu menerapkan hukum tajwid dengan baik seperti idhgham,ikhfa’,ghunnah, mad, dan lainnya, untuk Kesesuaian makharijul huruf rata-rata sudah lancar dan jelas dalam melafalkan huruf hijaiyah dengan tepat sesuai makhraj. (2) Faktor pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an santri meliputi faktor internal yang mencakup kecerdasan dan motivasi santri, faktor eksternal meliputi ustadz / ustadzah dan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar santri. Adapun faktor penghambat meliputi kegaduhan dalam kelas, faktor cuaca, dan kurangnya perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZULFA ALFI SALMIYAH
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:50
Last Modified: 22 Jul 2025 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item