Nirmalasari, Dela (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Strategi PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204002_prabab.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
21204002_bab1.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
21204002_bab2.pdf Download (761kB) |
![]() |
Text
21204002_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
![]() |
Text
21204002_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
![]() |
Text
21204002_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
![]() |
Text
21204002_bab6.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
21204002_daftarpustaka.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (162kB) |
Abstract
Di era ini, kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih satu arah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi PBL adalah pembelajaran yang telah disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa serta menekankan pada penggunaan masalah kontekstual diawal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Pada penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian non-equivalent control group design melalui penerapan pretest posttest control group. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dengan dilengkapi modul ajar, kuesioner minat belajar, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini, pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest rendah dan lebih rendah dari nilai KKM, namun setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi PBL, nilai tes kemampuan komunikasi matematis terdapat peningkatan. Sama halnya pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest rendah dan jauh lebih rendah dari nilai KKM. Namun setelah penerapan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah interaktif, nilai tes kemampuan komunikasi matematis terdapat peningkatan tetapi tidak jauh lebih baik dari kelas eksperimen. Pada uji beda rata-rata dengan menggunakan uji non parametrik mann-whitney, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi PBL dan penerapan pembelajaran konvensional dengan strategi ceramah interaktif. Kemudian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran dilakukan uji n-gain dan pembelajaran pada kelas eksperimen dikategori sedang. Sedangkan n-gain pembelajaran pada kelas kontrol dikategori rendah. Karena kategori skor n-gain kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol sehingga disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi PBL lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods (Teori Pendekatan dan Metode Asimtotik) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | DELA NIRMALA SARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |