Pengembangan E-Modul Matematika Materi Statistika Pada Era Digital Untuk Siswa SMA Sederajat

Prasasti, Yuha Nissa' (2024) Pengembangan E-Modul Matematika Materi Statistika Pada Era Digital Untuk Siswa SMA Sederajat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304319_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304319_BAB1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932304319_BAB2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
932304319_BAB3.pdf

Download (510kB)
[img] Text
932304319_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304319_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
932304319_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932304319_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Matematika termasuk mata pelajaran wajib yang harus dipelajari peserta didik dimulai dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Tujuan dari mempelajari matematika adalah menjawab persoalan yang dijumpai siswa dalam kehidupan nyata. Meskipun demikian, masih banyak siswa yang beranggapan matematika sebagai mata pelajaran yang susah, sehingga diperlukan solusi untuk merancang pembelajaran matematika menjadi lebih dekat dengan peserta didik, salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk E-Modul pada materi statistika dengan sasaran siswa kelas X Semester 1. Media dikembangkan dengan menggunakan software Microsoft Power Point dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X TJKT 5 SMK Cahaya Surya Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli media dan materi, angket praktisi guru, angket respon siswa, dan soal evaluasi untuk peserta didik. Hasil uji coba penelitian terbatas menunjukkan bahwa diperoleh data hasil validasi ahli media dengan rata-rata 4 berada pada kategori valid, karena 3 ≤ M ≤ 4 sehingga materi pada media tersebut dikatakan valid, sedangkan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 4,2 berada pada kategori sangat valid, karena M ≥ 4 sehingga media pembelajaran dikatakan sangat valid. Praktis karena media pembelajaran dinilai oleh siswa dengan respon positif dengan rata-rata persentase respon positif siswa sebesar 84,09% serta respon guru dengan rata-rata respon sebesar 4,1 dikatakan praktis karena persentase respon siswa lebih dari 50%. Dan dikatakan efektif karena diperoleh hasil bahwa 75% siswa memperoleh nilai diatas KKM yang mana memenuhi kriteria tuntas. Serta rata-rata siswa adalah 81,071, nilai tersebut lebih tinggi dari KKM yang ditetapkan oleh sekolah yang dituju peneliti khususnya pada mata pelajaran matematika yakni sebesar 75. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul statistika ini memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yuha Nissa' Prasasti
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:17
Last Modified: 26 Jun 2025 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item