Aktualisasi Nilai-Nilai Menghafal Al-Qur'an Studi Living Qur'an Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Sambilawang Sawo Kutorejo Mojokerto

Syaifudin, Ahmad (2024) Aktualisasi Nilai-Nilai Menghafal Al-Qur'an Studi Living Qur'an Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Sambilawang Sawo Kutorejo Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20102017_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20102017_Bab1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
20102017_Bab2.pdf

Download (229kB)
[img] Text
20102017_Bab3.pdf

Download (214kB)
[img] Text
20102017_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
20102017_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
20102017_Bab6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
20102017_DaftarPustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
20102017_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami tradisi menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Sambilawang Sawo Kutorejo, yang dikenal sebagai lembaga pendidikan unggulan dalam pembelajaran dan pengamalan Al-Qur’an. Dalam pesantren ini, proses menghafal Al-Qur’an tidak hanya menjadi aktivitas akademik, tetapi juga bagian dari pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai spiritual. Sebagai kitab suci umat Islam, Al-Qur’an tidak hanya berfungsi sebagai bacaan atau hafalan semata, tetapi juga sebagai pedoman kehidupan yang menjadi dasar perilaku dan etika santri. Konsep Living Qur’an diterapkan secara mendalam, di mana ayat-ayat Al-Qur’an tidak hanya dihafal tetapi juga dihidupi dalam praktik sehari-hari, sehingga nilai-nilainya meresap dalam kehidupan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengeksplorasi metode menghafal dan internalisasi Al-Qur’an di pesantren ini. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan fokus pada pengalaman santri dalam menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini mengintegrasikan hafalan Al-Qur’an dengan pembentukan identitas spiritual dan keislaman santri, menjadikan proses menghafal sebagai sarana memperkuat kedekatan dengan Allah dan komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan juga melibatkan dukungan komunitas, pengawasan guru, serta disiplin yang tinggi, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran hafalan Al-Qur’an dalam pembentukan karakter yang selaras dengan konsep Living Qur’an. Tradisi menghafal ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk menjaga keaslian Al-Qur’an, tetapi juga sebagai jalan spiritual untuk menciptakan generasi muslim yang berakhlak mulia dan berbasis pada nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan lain dalam mengembangkan metode hafalan Al-Qur’an yang efektif, relevan, dan berdampak positif terhadap kehidupan individu dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030306 Kumpulan ayat-ayat Al-Qur’an
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030308 Contents of the Qur'an (Kandungan Al-Qur’an)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: AHMAD SYAIFUDIN
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:41
Last Modified: 25 Jun 2025 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item