'Aini, Qurrotul (2025) Implementasi Integrasi Kurikulum Pesantren Sebagai Penguat Pemahaman Materi PAI Siswa Mts Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201127_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201127_bab1.pdf Download (933kB) |
![]() |
Text
21201127_bab2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201127_bab3.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
21201127_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201127_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
![]() |
Text
21201127_bab6.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
21201127_daftarpustaka.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text
21201127_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201127_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (216kB) |
Abstract
Qurrotul „Aini, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. dan Muhammad Nabil Khasbulloh, S.EI., M.Pd.I., Implementasi Integrasi Kurikulum Pesantren sebagai Penguat Pemahaman Materi PAI Siswa MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci: Integrasi, Kurikulum Pesantren, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang program implementasi kurikulum pesantren yang ditawarkan di sekolah formal yakni MTs Raudlatut Thalabah yang belum tentu bisa ditawarkan oleh lembaga lain, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fokus penelitian ditujukan pada 3 (tiga) hal yaitu; 1) Perencanaan integrasi kurikulum pesantren sebagai penguat pemahaman materi PAI siswa MTs Raudlatut Thalabah; 2) Pelaksanaan integrasi kurikulum pesantren sebagai penguat pemahaman materi PAI siswa MTs Raudlatut Thalabah; 3) Hasil integrasi kurikulum pesantren sebagai penguat pemahaman materi PAI siswa MTs Raudlatut Thalabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil integrasi kurikulum sebagai penguat pemahaman materi PAI siswa dan hasil dari penerapan program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan MTs Raudlatut Thalabah yang terletak di Jalan Raya Kolak RT/RW 001/001 No. 003 Desa Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dari beberapa informan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber data yang sudah ada, yaitu berupa dokumen, absensi santri, hasil belajar, dan lain sebagainya. Teknis analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, kemudian melakukan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa 1) perencanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu meliputi; menentukan tujuan pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, bahan ajar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan bentuk/model evaluasi pembelajaran. 2) pelaksanaan integrasi kurikulum dilakukan secara rutin yaitu pada jam 07.00 sampai dengan jam 08.00 setiap Hari Senin sampai dengan Hari Kamis. Prosesnya seperti pembelajaran formal pada umumnya, yaitu terdapat kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terdapat evaluasi sumatif dan hasilnya akan dibagikan kepada peserta didik lewat raport hasil belajar. 3) Hasil penerapan integrasi kurikulum pesantren menunjukkan perubahan terhadap peserta didik antara lain; meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pegon serta kitab kuning; meningkatkan pemahaman terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI); membentuk pribadi yang berakhlak mulia; menumbuhkan keimanan dan ketakwaan dengan mengikuti kegiatan keagamaan; dan meningkatkan kualitas ibadah sehingga dapat dilakukan sesuai syariat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | QURROTUL ` AINI |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |