Machfud, M. Alwi (2025) Pengembangan Media Bilik Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Di SDN 3 Banjaranyar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206005_prabab.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
21206005_bab1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
21206005_bab2.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
21206005_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
![]() |
Text
21206005_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206005_bab5.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
21206005_daftar pustaka.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
21206005_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Surat Ethesis.pdf Download (227kB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran yang berperan sebagai perantara dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu penyebab rendahnya tingkat pemahaman peserta didik adalah kurangnya minat dan perhatian peserta didik terhadap pembelajaran IPAS, Kurangnya menguasaan materi pada pembelajaran IPAS materi keberagaman budaya. Kurangnya variasi yang menarik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran bilik keberagaman budaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 3 Banjaranyar. (2) mengetahui kelayakan media media pembelajaran bilik keberagaman budaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 3 Banjaranyar. (3) mengetahui kefektifan pengembangan media pembelajaran bilik keberagaman budaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 3 Banjaranyar. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Subyek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IV di SDN 3 Banjaranyar. Hasil penelitian dan pengembangan ini mengungkapkan bahwa (1) hasil validasi ahli media sebesar 92% dengan kategori “Sangat layak”. Validasi ahli materi sebesar 96% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan validasi ahli pembelajaran sebesar 84% dengan kategori “Sangat layak”. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat layak”. Sedangkan uji coba kelompok besar sebesar 93% dengan kategori “Sangat layak”. (3) Terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, ditunjukkan dengan hasil pretest dan posttest kelompok kecil dengan persentase dari 53% menjadi 91% dan kelompok besar persentase dari 55% menjadi 94,6% dengan skor N-Gain sebesar 0,88 atau 88,58% yang berkategori “Efektif” dan mencapai peningkatan “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan media Bilik Keberagaman Budaya dapat meningktakan pemahaman peserta didik kelas IV pada materi keberagaman budaya di SDN 3 Banjaranyar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M ALWI MACHFUD |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:28 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |