Analisis Framing Pemberitaan Isu Childfree Di Media Online Periode Februari 2023

Rahman, Irfan Fathur (2024) Analisis Framing Pemberitaan Isu Childfree Di Media Online Periode Februari 2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933517919_prabab.pdf

Download (858kB)
[img] Text
933517919_bab1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
933517919_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
933517919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
933517919_bab4.pdf

Download (310kB)
[img] Text
933517919_daftarpustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
933517919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
933517919_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (187kB)

Abstract

IRFAN FATHUR RAHMAN, Dosen Pembimbing Dr Taufik Alamin, M.Si dan Farizal Rahman, M.I.Kom, Analisis Framing Pemberitaan Isu Childfree di Media Online Periode Februari 2023, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci: Framing, Childfree, Media Online Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media online, sebagai sumber utama media berita masyarakat Indonesia, dalam membentuk framing dan mengkonstruksi realitas atas isu childfree. Analisis dilakukan kepada tiga media online yaitu Tirto.id, Kompas.com, dan Tempo.co dengan menggunakan analisis framing Robert N. Entman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan analisis framing Robert N. Entman. Objek penelitian ini adalah berita yang dipublikasikan oleh media Tirto.id, Kompas.com, dan Tempo.co pada periode Febuari 2023 yang mengulas isu childfree. Analisis data menggunakan metode analisis framing Entman dengan empat langkah yaitu: define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral), dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tirto.id memandang childfree sebagai pilihan rasional yang muncul dari tekanan ekonomi dan sosial, Kompas.com membingkai childfree sebagai gaya hidup yang bertentangan dengan nilai-nilai agama dan tujuan pernikahan, sedangkan Tempo.co membingkai penekanan dampak negatif childfree terhadap demografi dan ekonomi nasional. Tirto.id mengeksternalisasi childfree sebagai respons terhadap realitas ekonomi, objektivasi yang dilakukan menekankan alasan-alasan ekonomis, dan akhirnya diinternalisasi oleh audiens sebagai pilihan yang masuk akal dalam kondisi tertentu. Kompas.com mengeksternalisasi childfree sebagai isu moral dan agama, mengobjektivasi melalui pandangan religius, dan diinternalisasi sebagai tindakan yang bertentangan dengan norma agama. Sementara itu, Tempo.co mengeksternalisasi isu ini sebagai ancaman nasional, mengobjektivasi dampaknya terhadap demografi dan ekonomi, dan diinternalisasi sebagai keputusan yang tidak bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: IRFAN FATHUR RAHMAN
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:12
Last Modified: 23 Jun 2025 08:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17679

Actions (login required)

View Item View Item