Firdaus, Frijanani (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Student Well-being Siswa SDN Balowerti 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
933410619_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
933419619_bab1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
933419619_bab2.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
933419619_bab3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
933419619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
933419619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
933419619_bab6.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
933419619_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
933410619_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
933419619_suratpernyataan.pdf Download (236kB) |
Abstract
Kehadiran kurikulum merdeka belajar dalam metode pendidikan di Indonesiadigunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang bersifat fleksibel, serta dirancanguntuk menyesuaikan antara siswa dengan tuntutan kompetensi khusus. Implementasikurikulum merdeka belajar sebagai patokan dalam mengembangkan inovasiberdasarkan kemampuan dan karekteristik siswa yang disesuaikan dengan konsepbelajar yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yang memberikan gambaranterkait kesejahteraan siswa. Adapun penerapan well-being di lingkunganpendidikan berfungsi sebagai upaya yang digunakan untuk memengaruhi hasilbelajar dan pengembangan kemampuan siswa. Dengan demikian, dapat dikatakanbahwa dalam mewujudkan kesejahteraan siswa berdasarkan pada merdeka belajaryaitu yang mengutamakan kenyamanan siswa dalam proses belajar nya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiandeskriptif korelational. Dan berdasarkan data yang diperoleh melalui survei yangmelibatkan 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 72% siswamemiliki tingkat pemahaman dan implementasi kurikulum merdeka belajar dalamkategori sedang, 15% dalam kategori tinggi,dan 13% dalam kategori rendah. Dalamhal kesejahteraan siswa. 64% siswa berada dalam kategori sedang, 23% dalamkategori tinggi, dan 13% dalam kategori rendah.Hasil analisis korelasi product moment pearson menunjukkan adanya pengaruhpositif antara implementasi kurikulum merdeka belajar dan student well-beingdengan koefisien korelasi sebesar 0.277 (p < 0.05) meski dalam kategori rendah.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun implementasi kurikulummerdeka belajar belum optimal, terdapat pengaruh positif terhadap student well-being SDN Balowerti 1 Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Kedokteran, Keperawatan dan Kesehatan) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | FRIJANANI FIRDAUS |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:34 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |