ULLA, MIFTAKUL (2025) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI PSM KLURAHAN,. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21201123_prabab.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
21201123_bab1.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
21201123_bab2.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
21201123_bab3.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
21201123_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text
21201123_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
![]() |
Text
21201123_bab6.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
21201123_daftarpustaka.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
21201123_lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201123_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
MIFTAKUL ULLA, Dosen pembimbing Dr. Abdur Ro’uf Hasbullah, M.Pd.I dan Surahmat, S.Th.I, M.Hum.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI PSM Klurahan Ngronggot Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Kediri, 2025. Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits, Prestasi Belajar Siswa. Prestasi Belajar merupakan aspek penting dalam proses pendidikan, terutama bagi siswa pada jenjang sekolah dasar. Madrasah Ibtidaiyah PSM Desa Klurahan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, telah melaksanakan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits guna mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai upaya guru Al- Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI PSM Klurahan Ngronggot Nganjuk. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan guna memperoleh hasil yang valid dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berupaya meningkatkan tiga aspek prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dengaan 4 upaya, yaitu upaya guru melalui motivasi, upaya guru melalui bimbingan, proses belajar dan evaluasi. Faktor pendukung keberadaan guru yang semakin berkembang, sarana prasarana yang mendukung, motivasi dari orang tua. Sementara itu, faktor penghambatnya yaitu beban administrasi guru yang banyak, perbedaan karakter dan respond siswa, waktu jam pelajaran yang kurang serta pengaruh bergaul isswa dilingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MIFTAKUL ULLA |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |