Aufa, Achmad Labiq (2024) Mahabbah Allah Santri Melalui Pengajian Kitab Mawʿiẓah Almuʾminin Di Pondok Pesantren Hidayatus Sholihin Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
933603119_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
933603119_bab1.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
933603119_bab2.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
933603119_bab3..pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
933603119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
![]() |
Text
933603119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
![]() |
Text
933603119_bab6.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
933603119_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
933603119_sp.pdf Download (924kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pemahaman dan pengamalan santri mengenai konsep Mahabbah Allāh (cinta kepada Allah) di Pondok Pesantren Hidayatus Sholihin, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, melalui pengajian Kitab Mawʿiẓah al-Muʾminīn. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pemahaman santri tentang konsep Mahabbah Allāh yang diajarkan melalui pengajian kitab tersebut, serta bagaimana santri mengamalkan ajaran ini dalam kehidupan spiritual dan perilaku sehari-hari. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman santri tentang konsep Mahabbah Allāh bervariasi mulai dari yang mendalam hingga yang terbatas. Mahabbah Allāh juga diamalkan sebagai bentuk cinta yang mendorong santri untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui berbagai ibadah, dan perilaku yang saleh disetiap harinya. Meskipun terdapat kesulitan dalam mengamalkan ajaran ini di luar lingkungan pesantren, pengajaran Mahabbah Allāh terbukti berdampak positif pada peningkatan spiritualitas dan perilaku sosial santri di lingkungan pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Penelitian ini juga menerapkan teori integrasi dan interkoneksi dari Amin Abdullah, yang menyoroti pentingnya pendekatan kontekstual dalam pengajaran agama. Meskipun pengajaran Mahabbah Allāh di Pondok Pesantren Hidayatus Sholihin cukup efektif, diperlukan peningkatan metode pengajaran dan dukungan berkelanjutan untuk memastikan ajaran ini dapat diimplementasikan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi meliputi peningkatan interaktivitas pengajaran, integrasi disiplin ilmu lain, dan pengembangan program pembinaan lanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030202 Sufism (Tasawuf) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | ACHMAD LABIQ AUFA |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |