Upaya Guru Dalam Menanamkan Moderasi Beragama DI MTSN 5 KEDIRI

Umami, Dina Maftucha (2022) Upaya Guru Dalam Menanamkan Moderasi Beragama DI MTSN 5 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137118_prabab (1).pdf

Download (504kB)
[img] Text
932137118_BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932137118_BAB 2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932137118_BAB3.pdf

Download (82kB)
[img] Text
932137118_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
932137118_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
932137118_BAB 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9334002_daftarpustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932137118_sp.pdf

Download (141kB)

Abstract

Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada murid agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membangun moderasi beragama di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif. Tempat penelitin adalah MTsN 5 Kediri yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dina maftucha umami
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:12
Last Modified: 03 Jun 2025 08:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17447

Actions (login required)

View Item View Item