Nazila, Siti Rokhimatun (2024) Perbedaan Keterlibatan Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Fiqih Ditinjau Dari Jurusan IPA Dan IPS Serta Jenis Kelamin Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
20104023_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20104023_bab1.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
20104023_bab2.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
20104023_bab3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20104023_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
![]() |
Text
20104023_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
![]() |
Text
20104023_bab6.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
20104023_daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
20104023_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
SITI ROKHIMATUN NAZILA. Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Novi Wahyu Winastuti, M.Psi, Psikolog. Keterlibatan Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Fiqih Ditinjau Dari Jurusan IPA dan IPS Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri: Studi Komparasi. Psikologi Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Keterlibatan Siswa, Jurusan IPA, dan Jurusan IPS Penelitian ini membahas tentang Keterlibatan Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Fiqih Ditinjau Dari Jurusan IPA dan IPS Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri: Studi Komparasi. Keterlibatan Siswa merupakan suatu proses dalam pembelajaran aktif pada kelas yang ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam kelas, antusias siswa terhadap materi pelajaran, dan motivasi siswa dalam belajar. Keterlibatan siswa pada jurusan IPA dan IPS menunjukkan bahwa memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari minat siswa terhadap pelajaran fiqih, komunikasi siswa dengan guru, dan metode belajar yang digunakan oleh guru di setiap jurusan. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana tingkat keterlibatan siswa dalam mengikuti pelajaran fiqih pada siswa jurusan IPA, 2) untuk mengetahui bagaimana tingkat keterlibatan siswa dalam mengikuti pelajaran fiqih pada jurusan IPS, dan 3) untuk mengetahui adakah perbedaan tingkat keterlibatan siswa dalam mengikuti pelajaran fiqih pada jurusan IPA dan IPS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan jumlah sampel pada kelas 12 jurusan IPA 108 siswa dan jumlah sampel pada kelas 12 jurusan IPS 90 siswa, dengan total sampel 198 siswa. Pada penelitian ini menggunakan norma hipotetik untuk menyeimbangkan data pada sampel yang berbeda. Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan mengunakan skala likert untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif untuk mengetahui kategorisasi keterlibatan siswa pada jurusan IPA dan IPS, kemudian uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat keterlibatan siswa dalam mengikuti pelajaran fiqih pada jurusan IPA dan IPS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertama tingkat keterlibatan siswa pada jurusan IPA dari hasil hitungan data hipotetik diperoleh jumlah mean sebesar 111,43 maka tingkat keterlibatan pada siswa jurusan IPA termasuk pada kategori tinggi. Kedua tingkat keterlibatan siswa pada jurusan IPS dari hasil hitungan data hipotetik diperoleh jumlah mean sebesar 114,86 maka tingkat keterlibatan pada siswa jurusan IPS termasuk pada kategori tinggi. Ketiga hasil perhitungan dari independent sample T test pada jurusan IPA dan IPS adalah terdapat perbedaan pada tingkat keterlibatan siswa yang dihitung dan mendapatkan hasil 0,029 < 0,05. Maka terdapat perbedaan keterlibatan siswa dalam mengikuti pelajaran fiqih yang signifikan antara jurusan IPA dan IPS di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri. Keempat tidak terdapat perbedaan tingkat keterlibatan siswa berdasarkan jenis kelamin pada jurusan IPA, IPS, serta IPA dengan IPS yaitu hasil IPA 0,516 > 0,05, IPS 0,708 > 0,05 sedangkan IPA dengan IPS 0,854 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | SITI ROKHIMATUN NAZILA |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 01:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |