Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Akademik Terhadap Efikasi Diri Akademik Pada Siswa SMKN 3 Kediri

MA’RIFAH, NURIL (2024) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Akademik Terhadap Efikasi Diri Akademik Pada Siswa SMKN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20104066_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20104066_bab1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
20104066_bab2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
20104066_bab3.pdf

Download (370kB)
[img] Text
20104066_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
20104066_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
20104066_bab6.pdf

Download (166kB)
[img] Text
20104066_daftarpustaka.pdf

Download (240kB)
[img] Text
20104066_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20104066_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (215kB)

Abstract

NURIL MA’RIFAH, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Sunarno, M.A. Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri Akademik terhada Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMKN 3 Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2024. Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik. Efikasi Diri Akademik adalah keyakinan seseorang atas kemampuan yang dimiliki dalam mengatasi kesulitan belajar dan tugas akademik untuk memperoleh hasil yang baik. Siswa SMKN 3 Kediri memiliki keyakinan rendah terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan soal matematika, terutama ketika soal tersebut dianggap rumit dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan munculnya ketidakyakinan diri siswa dalam menghadapi hambatan dalam belajar. Efikasi diri akademik ini dapat dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri 2) Mengetahui pengaruh konsep diri akademik dengan efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri 3) Mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri akademik terhadap efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan uji korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebesar 142 siswa SMKN 3 Kediri dengan sampel sebesar 105 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya yang disusun berdasarkan teori Sarafino 2) Skala Konsep Diri Akademik yang disusun berdasarkan teori Calhoun dan Acocella 3) Skala Efikasi Diri Akademik yang disusun berdasarkan teori Albert Bandura. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji regresi berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri dengan koefisien korelasi sebesar 0,445. 2) Terdapat pengaruh positif antara konsep diri akademik dengan efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri dengan koefisien sebesar 0,845. 3) Terdapat pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri akademik terhadap efikasi diri akademik pada siswa SMKN 3 Kediri dengan nilai sig. F Change 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung 0,724 yang berarti memberikan pengaruh sebesar 72,4%. Sedangkan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: NURIL MA`RIFAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:44
Last Modified: 02 Jun 2025 07:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item