Nandarista, Karisma (2025) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Pada Siswa SMK PGRI 1 Kediri Angkatan Tahun 20023). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21403002_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21403002_BAB1.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
21403002_BAB2.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
21403002_BAB3.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
21403002_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
![]() |
Text
21403002_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
21403002_BAB6.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
21403002_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
21403002_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
![]() |
Text
21403002_PERNYATAAN UPLOAD KARYA ILMIAH.pdf Download (140kB) |
Abstract
KARISMA NANDARISTA, Dosen Pembimbing Dr. Yuliani, MM dan Rendi Ardika, S.Pd., M. Akun.: Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Pada Siswa SMK PGRI 1 Kediri Angkatan Tahun 2023). Manajemen Bisnis Syariah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: customer review, rating, keputusan pembelian Kemajuan teknologi yang pesat telah mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia, menjadikannya negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia. Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien di platform e-commerce. Selain itu, perkembangan ini juga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menikrnati berbagai kemudahan dalam berbelanja online, mulai dari variasi produk yang lebih banyak hingga penawaran harga yang lebih kompetitif. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital, transaksi e-commerce sernakin mudah diakses oleh berbagai lapisan masyarakat, sehingga memicu pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada siswa SMK PGRI 1 Kediri Angkatan Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang didistribusikan kepada responden penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 1 Kediri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review dan online customer rating secara parsial dan simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai uji korelasi Pearson antara online customer review dan keputusan pembelian adalah 0,688 dengan signifikansi 0,000, menunjukkan hubungan yang kuat. Sedangkan nilai uji korelasi Pearson antara online customer rating dan keputusan pembelian adalah 0,473 dengan tingkat signifikansi 0,000, menunjukkan hubungan sedang. Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan regresi Y=10,070+0,676 X1+0,366 X2. Nilai F hitung adalah 234,253 dengan signifikansi 0,000, menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,575 menunjukkan bahwa variabel review dan rating berpengaruh sebesar 57,5% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 42,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, seperti program gratis ongkir, brand image, dll.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | KARISMA NANDARISTA |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |