Nikmah, Binti Choiru (2019) Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Unggulan (MDTU) WUSTHA (StudiKasus Di Madrasah Muallimin Muallimat Al-Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101016001 prabab.pdf Download (641kB) |
|
Text
92101016001 BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
92101016001 BAB II.pdf Download (388kB) |
|
Text
92101016001 BAB III.pdf Download (341kB) |
|
Text
92101016001 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92101016001 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text
92101016001 BAB VI.pdf Download (310kB) |
|
Text
92101016001 Daftar pustaka.pdf Download (199kB) |
|
Text
92101016001 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
Abstract
Implementasi merupakan upaya tindak lanjut dari sebuah teori yang telah disepakati kebenarannya dan keberadaannya.Pentingnya upaya implementasi ini juga berlaku pada kehidupan dunia pendidikan. Berlandaskan hal tersebut, maka peneliti merasakan sebuah desakan yang sangat kuat untuk mencoba mengangkat implementasi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Unggulan (MDTU) Wustha (Studi Kasus Di Madrasah Muallimin Muallimat Al-Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri) untuk dijadikan sebagai judul dalam tesisnya. Tantangan berat bagi lembaga pendidikan saat ini adalah mampu menyiapkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan agar peserta didik menjadi manusia yang berbudaya dan berkualitas. Kurikulum dalam sistem sekolah merupakan suatu rencana yang memberikan pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Untuk mencapai suatu pendidikan yang baik dan berkualitas, maka perlu adanya sebuah manajemen kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di lembaga Madrasah Muaallimin Muallimat Al Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi kurikulum yang dilakukan oleh pihak Madrasah Muaallimin Muallimat Al Muwazanah, Gondang, Plosoklaten, Kediri berjalan dengan cukup baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam upaya membimbing satuan pendidikan dalam langkah praktisnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 03:39 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1741 |
Actions (login required)
View Item |