Prastiwi, Ade Ayu (2024) Pengaruh Konsep Diri Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK PGRI 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
933403118_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
933403118_bab1.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
933403118_bab2.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
933403118_bab3.pdf Download (690kB) |
![]() |
Text
933403118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text
933403118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text
933403118_bab6.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
933403118_daftarpustaka.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
933403118_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
933403118_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (191kB) |
Abstract
PRASTIWI, ADE AYU. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag., (2) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. Pengaruh Konsep Diri Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Smk Pgri 4 Kota Kediri. Skripsi. Program Studt Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2024 Kata Kunci : Konsep Diri Akademik, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Kemandirian belajar adalah kemampuan seorang siswa untuk belajar secara mandiri dengan atau tanpa bantuan orang lain. Hal ini meliputi pemahaman tujuan pembelajaran, penentuan tujuan pembelajaran, pengumpulan sumber daya untuk belajar, penerapan strategi pembelajaran, dan peningkatan hasil pembelajaran. Berdasarkan data lapangan di SMK PGRI 4 Kota Kediri menyimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa masih rendah. kemandirian belajar ini dapat di pengaruhi oleh konsep diri akademik dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri akademik terhadap kemandirian belajar siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaaruh konsep diri akademik dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu semua siswa kelas X SMK PGRI 4 sebanyak 60 siswa menggunakan sampel jenuh. Instrument penelitian ini berupa kuisioner dengan skala kemandirian belajar disusun berdasarkan teori Knowles, konsep diri akademik disusun berdasarkan teori Calhaoun dan Acocella, motivasi belajar disusun berdasarkan teori Marx dan Tombuch. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. 21. Hasil penelitian : (1) Terdapat Pengaruh Positif Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Smk Pgri 4 Kota Kediri. , dengan nilai r= 0.558, (r2) = 0.31, sumbangsih yang diberikan konsep diri akademik terhadap kemandirian belajar sebesar 31 % dan sebanyak 69% dari faktor lain. (2) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Smk Pgri 4 Kota Kediri dengan nilai r= 0.829, r2 = 0.68, Sumbangsih yang diberikan motivasi terhadap kemandirian belajar sebesar 68 % dan 32 % dari faktor lain. (3) Terdapat pengaruh positif antara konsep diri akademik dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri dengan nilai r=835, R2=0.697 sumbangsih yang diberikan konsep diri akademik dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebanyak 69% dan 31% dari factor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | ADE AYU PRASTIWI |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:59 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |