Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Pada Pembelajaran Ipas Materi Transformasi Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di MI Miftahul Huda Ngreco

Azizah, Ni'matul (2025) Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Pada Pembelajaran Ipas Materi Transformasi Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di MI Miftahul Huda Ngreco. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206045_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206045_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
21206045_bab2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
21206045_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
21206045_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206045_bab5.pdf

Download (116kB)
[img] Text
21206045_daftarpustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
21206045_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206045_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (185kB)

Abstract

NI’MATUL AZIZAH, Dosen Pembimbing Ibu APRILIYANI DIAH KARTIKASARI, M.Pd dan Ibu AZIZA ANGGI MAIYANTI, S.Si, M.Pd, Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Pada Pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di MI Miftahul Huda Ngreco, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: E-LKPD Interaktif Liveworksheets, Pembelajaran IPAS, Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Alam & Sosial (IPAS) adalah mata Pelajaran yang mengintegrasikan konsep-konsep dasar dari ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Pada mata pelajaran IPAS terdapat muatan materi IPA pada semester 1 dan IPS pada semester 2. Penelitian ini berfokus pada materi IPA transformasi energi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan E-LKPD interaktif liveworksheets materi transformasi energi, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD interaktif liveworksheets materi transformasi energi, 3) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui E-LKPD interaktif liveworksheets materi transformasi energi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Ngreco, subjek siswa kelas IV-A yang berjumlah 23 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode RnD atau Research and Development dengan model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analisis (Analyze), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets menunjukkan bahwa 1) Menghasilkan produk E-LKPD Interaktif Liveworksheets yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta didesain secara menarik dan diperbaiki berdasarkan saran-saran dari validator, 2) Kelayakan produk E-LKPD Interaktif Liveworksheets dilihat dari validasi ahli media sebesar 97, 14% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi soal pretest dan posttest sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”, 3) Kemampuan berpikir kritis meningkat dilihat dari uji coba pretest dan posttest dan mendapatkan hasil rata-rata pretest sebesar 66, 30435 dan hasil rata-rata posttest sebesar 86, 9565 sehingga terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan E-LKPD Interaktif Liveworksheets.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0299 Other Physical Sciences (Ilmu Fisika Lainnya) > 029902 Complex Physical Systems (Sistem Fisik yang Kompleks)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NI`MATUL AZIZAH
Date Deposited: 28 May 2025 02:45
Last Modified: 28 May 2025 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item