Fanatisme Penggemar K-Pop Muslimah Followers Akun Instagram @Sijeuni_Kediri Dalam Mengonsumsi Produk K-Pop

Putri, Nabilla Yuan (2025) Fanatisme Penggemar K-Pop Muslimah Followers Akun Instagram @Sijeuni_Kediri Dalam Mengonsumsi Produk K-Pop. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103005_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20103005_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20103005_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20103005_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20103005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20103005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20103005_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20103005_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20103005_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Menurut Chaney, perilaku konsumsi mencakup semua aktivitas sosial yang dijalani seseorang, sehingga dapat mencerminkan dan mengidentifikasi lebih dari sekadar tindakan yang mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini membahas Fanatisme Penggemar K-pop Muslimah Followers @sijeuni_kediri dalam Mengonsumsi Produk K-pop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali bentuk-bentuk fanatisme penggemar K-pop dalam mengonsumsi produk K-pop oleh followers @sijeuni_kediri dan alasan mereka berperilaku fanatisme dalam mengonsumsi produk K-pop. Teori yang digunakan adalah teori fanatisme oleh Goddard yang menjelaskan perilaku fanatisme berasal dari minat, sikap, komitmne dan motivasi serta menggunakan teori konsumsi oleh Chaney. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat lima informan yang menunjukkan perilaku fanatisme dalam mengonsumsi produk K-pop. Perilaku tersebut didorong oleh keinginan pribadi, perasaan FOMO (fear of missing out) untuk tetap mengikuti tren, serta pengaruh dari media sosial. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kategori perilaku fanatisme pada penggemar K-pop muslimah di komunitas Sijeuni Kediri, sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Goddard, yaitu minat yang besar terhadap kegiatan K-pop, sikap individu atau kelompok terhadap aktivitas K-pop, durasi komitmen terhadap kegiatan K-pop, serta motivasi dari keluarga terhadap aktivitas yang berhubungan dengan K-pop. Alasan utama yang mendorong perilaku fanatisme ini yakni dukungan terhadap idola, daya tarik visual dari anggota NCT, serta konsep menarik yang disajikan dalam setiap penampilan. Konsumsi yang dilakukan oleh penggemar di komunitas ini berakibat pada dampak negatif, seperti pemborosan dan kecenderungan untuk lebih memprioritaskan idola mereka dibandingkan kebutuhan yang lebih penting.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NABILLA YUAN PUTRI
Date Deposited: 23 May 2025 06:52
Last Modified: 02 Jun 2025 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item