Implementasi Program Double Track Dalam Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Di SMA MUHAMMADIYAH Kota Kediri

Felani, Melati Cahya (2024) Implementasi Program Double Track Dalam Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Di SMA MUHAMMADIYAH Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205103_prabab.pdf

Download (813kB)
[img] Text
20205103_bab1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
20205103_bab2.pdf

Download (123kB)
[img] Text
20205103_bab3.pdf

Download (131kB)
[img] Text
20205103_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
20205103_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
20205103_bab6.pdf

Download (22kB)
[img] Text
20205103_daftarpustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
20205103_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi-Melati.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program Double Track di SMA Muhammadiyah Kota Kediri sebagai upaya meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik melalui pengembangan minat dan bakat. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program melibatkan perencanaan strategis, termasuk perumusan visi-misi, penyesuaian daya tampung kelas, dan rasio guru. Evaluasi program dilakukan dengan menganalisis faktor pendukung (dukungan warga sekolah, tenaga pendidik kompeten, sarana-prasarana, dan kolaborasi eksternal) serta penghambat (keterbatasan jam pelajaran, SDM, dan jadwal magang). Keberhasilan program diukur berdasarkan pencapaian efektivitas, dengan evaluasi rutin bulanan yang melibatkan kepala sekolah, wakil bidang, dan tim pengembang. Program Double Track terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik, meski menghadapi beberapa tantangan. Evaluasi peserta didik dilakukan melalui ujian penilaian, sementara evaluasi program secara keseluruhan berfokus pada optimalisasi sumber daya dan penyelesaian kendala. Temuan ini menegaskan pentingnya manajemen terstruktur dan kolaborasi multipihak untuk memastikan keberlanjutan program. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas tenaga pendidik, perluasan waktu pelatihan, dan penguatan jejaring eksternal guna memperkuat dampak program terhadap pengembangan kewirausahaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MELATI CAHYA FELANI
Date Deposited: 19 May 2025 07:31
Last Modified: 19 May 2025 07:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item