EFEK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAIN KEDIRI TAHUN ANGKATAN 2021

AL VIONITA, KIKY (2024) EFEK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAIN KEDIRI TAHUN ANGKATAN 2021. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933508317_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933508317_bab1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
933508317_bab2.pdf

Download (491kB)
[img] Text
933508317_bab3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
933508317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
933508317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
933508317_bab6.pdf

Download (205kB)
[img] Text
933508317_daftarpustaka.pdf

Download (341kB)
[img] Text
933508317_daftarpustaka.pdf

Download (341kB)
[img] Text
933508317_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Vionita, Kiky Al. Dosen pembimbing Siti Amanah, M.Si dan Jati Pamungkas, M.A. “Efek Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Komunikasi Pada Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2021”. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Efek Komunikasi Massa, Penggunaan Tik Tok, Perilaku Komunikasi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri memiliki kompetensi untuk mahasiswanya dapat menguasai nilai-nilai islam, komunikasi islam, dan juga teknologi informasi dan komunikasi, Sebagai mahasiswa yang aktif dalam mempelajari media sosial dan mengakses Tik Tok dengan berbagai tujuan. Khususnya mahasiswa tahun angkatan 2021, yang dikategorikan sebagai kelompok usia yang paling banyak menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan media sosial Tik Tok dan untuk mengetahui efek perubahan perilaku pada pengguna media sosial Tik Tok di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri tahun angkatan 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 11 orang mahasiswa yang sudah memiliki akun Tik Tok, dan memasuki usia di atas 20 tahun, yang ditentukan menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang pertama, pola penggunaan mahasiswa untuk menggunakan media sosial Tik Tok satu sampai satu jam setengah dalam sekali mengakses dengan frekuensi 5 kali dalam seharinya, apabila dikalkulasikan dalam sehari mahasiswa dapat menghabiskan waktu mengakses Tik Tok lima sampai tujuh jam setengah termasuk dalam intensitas yang sering. Konten-konten yang diminati oleh mahasiswa diantaranya dakwah, fotografi dan videografi, public speaking, pengembangan diri. Kedua, adanya efek dari penggunaan media sosial Tik Tok terhadap perilaku mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri tahun angkatan 2021 berupa efek kognitif, afektif, dan behavioral dari isi media atau konten yang diakses, terdapat juga efek positif dan negatif. Efek kognitif berupa bertambahnya pengetahuan di bidang dakwah, fotografi dan videografi, Public speaking dan pengembangan diri. Efek afektif yang timbul pada sisi positif dari konten dakwah, konten public speaking, konten fotografi dan videografi, serta konten pengembangan diri berupa perasaan senang karena dapat mengakses Tik Tok, sedangkan efek afektif dari efek negatif timbul pada konten pengembangan diri berupa perasaan stress. Efek behavioral pada konten dakwah terhadap efek positif berupa peningkatan rasa keimanan gemar berkomunikasi merekatkan hubungan antara sesama manusia, sedangkan dalam efek negatif yang timbul yaitu malas. Efek behavioral pada konten fotografi dan videografi efek positif percaya diri dan memiliki keterampilan lebih sedangkan efek negatif yaitu berupa kecanduan. Efek behavioral yang timbul pada konten public speaking efek positif berupa percaya diri karena mengekspresikan diri serta timbul efek negatif perilaku menunda-nunda pekerjaan. Efek behavioral pada konten pengembangan diri terdapat efek positif lancar dalam berbicara dan lebih terstruktur serta timbul efek negatif yaitu insecure dengan pencapaian seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: KIKY AL VIONITA
Date Deposited: 19 May 2025 08:12
Last Modified: 19 May 2025 08:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item