Khoiriyati, Anti (2025) Pembelajaran al-Qur'an dengan metode terpadu 'ilman wa ruuhan untuk membentuk kepribadian qur'ani di SDIT Nurul Izzah kecamatan Gurah kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201131_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21101131_bab1.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
21201131_bab2.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
21201131_bab3.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
21201131_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201131_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text
21201131_bab6.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
21201131_daftarpustaka.pdf Download (242kB) |
Abstract
Fenomena banyaknya umat Islam yang akhlaknya tidak mencerminkan nilai-nilai Al-Qur'an. Sehingga hadirlah metode terpadu 'ilman wa ruuhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat 12 nilai-nilai kepribadian Qur'ani yang telah diterapkan oleh peserta didik SDIT Nurul Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa ada 12 nilai-nilai kepribadian qur'ani yang telah terbentuk, yaitu jiwa yang sabar, rela, amanah, syukur, berani, jujur, pemurah, tobat, takwa, ihsan, konsisten, dan jiwa yang bahagia. Adapun faktor pendukung dari upaya membentuk kepribadian qur'ani yaitu upaya guru yang sungguh-sungguh, manajemen sekolah, guru yang kompeten, lingkungan positif dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dari upaya membentuk kepribadian qur'ani yaitu kurangnya minat peserta didik dalam belajar al-Quran dan mengamalkannya, manajemen sekolah yang kurang baik, guru yang tidak kompeten, lingkungan negatif dan sarana prasarana yang tidak memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ANTI KHOIRIYATI |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:35 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |