PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUB SEKTOR BARANG KONSUMSI PRIMER YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS TAHUN 2014-2023

Dewi, Fitria Kusuma (2025) PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUB SEKTOR BARANG KONSUMSI PRIMER YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS TAHUN 2014-2023. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20404010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20404010_bab1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
20404010_bab2.pdf

Download (470kB)
[img] Text
20404010_bab3.pdf

Download (389kB)
[img] Text
20404010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
20404010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
20404010_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
20404010_daftarpustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
20404010_lampiran.pdf

Download (761kB)
[img] Text
20404010_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

FITRIA KUSUMA DEWI, Dosen Pembimbing Rofik Efendi, S.Kom., MM dan Rendi Ardika, S.Pd.,M.Akun. Pengaruh Gross Profit Margin Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Barang Konsumsi Primer Tahun 2014-2023, Skripsi, Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2024 Kata kunci: Sub Sektor Barang Konsumsi Primer, Gross Profit Margin, Nilai Perusahaan Nilai perusahaan merupakan nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan ditambah dengan nilai pasar hutang. Penambahan dari jumlah ekuitas perusahaan dengan hutang perusahaan dapat mencerminkan nilai perusahaan. Semakin banyaknya modal kerja maka pengoperasian perusahaan semakin efektif dan lancar. Faktor yang berdampak pada nilai perusahaan adalah gross profit margin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menguji pengaruh variabel independen dan dependen. Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersifat kuantitatoof berupa panel data. Penentuan sampel perusahaan menggunakan purposive sampling. Sampel digunakan pada penelitian ini ada 4 perusahaan sub sektor barang konsumsi primer yang terdapat di JII periode 2014-2023. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistik 24. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi dan hubungan antara variabel pada perusahaan sub sektor barang konsumsi primer pada tahun 2014-2023. Kondisi gross profit margin berada pada kategori kurang dengan rata-rata 3.7577. Kondisi nilai perusahaan berada pada kategori kurang dengan rata-rata 5.3250. secara persial variabel gross profit margin berpengaruh terhadap nilai perusahaan dilihat dari nilai profitabilitas sebesar 0.00 atau kurang dari 0.05 (0.00 < 0.05) dan t hitung sebesar 15.728 atau lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.687 (15.728 > 1.687). Gross profit margin mampu menjelaskan 87% variasi dari nilai perusahaan dan 13% lainnya menjelaskan variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Syariah Accounting (Akuntansi Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Akuntansi Syariah
Depositing User: FITRIA KUSUMA DEWI
Date Deposited: 15 May 2025 02:12
Last Modified: 15 May 2025 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item