Dampak Culture Shock Pada Model Pembelajaran Terhadap Pengembangan Critical Thinking Mahasiswa (Studi Kasus Pada Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Kediri)

Aksya, Wildatul (2025) Dampak Culture Shock Pada Model Pembelajaran Terhadap Pengembangan Critical Thinking Mahasiswa (Studi Kasus Pada Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201066_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201066_bab1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
21201066_bab2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
21201066_bab3.pdf

Download (228kB)
[img] Text
21201066_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
21201066_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
21201066_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
21201066_daftarpustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Wilda.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak culture shock pada model pembelajaran terhadap pengembangan critical thinking mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Kediri. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, penelitian ini mengeksplorasi gejala culture shock yang dialami mahasiswa akibat transisi dari model pembelajaran SMA ke perguruan tinggi, dampaknya pada kemampuan berpikir kritis, serta solusi untuk mengatasi gejala tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan model pembelajaran yang signifikan, seperti tuntutan belajar mandiri dan interaksi aktif di kelas, memicu kebingungan dan tekanan psikologis pada mahasiswa baru. Dampak negatif mencakup penurunan motivasi dan kesulitan beradaptasi, sedangkan dampak positif berupa peningkatan kemampuan analisis dan kreativitas pada mahasiswa yang berhasil beradaptasi. Solusi yang diusulkan meliputi penguatan komunikasi antar mahasiswa dan dosen, optimalisasi teknologi, serta pengembangan keterampilan manajemen diri untuk mempercepat adaptasi terhadap budaya akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WILDATUL AKSYA
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:28
Last Modified: 06 Aug 2025 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item